NUSA TENGGARA BARAT - INDONESIA

12 Hal yang bisa dilakukan di Lombok

       Lombok, dikenal orang sebagai pulau yang memiliki keindahan alam yang memesona. Pantai-pantainya indah nan menawan. Bukan hanya pesisirnya, pedalamannya tak kalah mengagumkan. Lombok juga kaya akan budaya, sejarah, serta dikenal dengan pulau seribu Masjid.

Berikut ini rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan jika berkunjung ke salah satu pulau utama di provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Wisata Religi di Islamic Centre Mataram

            Baru-baru ini, Kota Mataram menambah daftar masjid-masjid indah yang bisa dikunjungi di Pulau seribu Masjid. Masjid ini menjadi yang paling indah di Mataram. Islamic Centre Mataram, baru selesai pembangunannya pada juli 2016 ini. Pembangunan Pusat kegiatan islam ini menyusul dijadikannya Mataram sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional tahun 2016, dan Masjid ini dijadikan arena utama Kegiatan Islami dua tahunan tersebut.

Islamic Centre saat Magrib
Islamic Centre saat Magrib
Islamic Centre malam hari
Islamic Centre malam hari

Islamic Centre Mataram sangat megah dengan nuansa hijau kuning. Terdiri dari 5 Menara, 1 menara setinggi , dengan kubah berbentuk atap rumah adat Lombok. Arsitektur bangunan ini memadukan gaya arab dan local. Gaya local bisa terlihat dari bentuk atap rumah adat Lombok yang berada di dekat setiap kubah Menara, dan kubah utama Masjid.

Mencicipi Kuliner Lombok : Ayam Taliwang, Pelecing Kangkung dan Es Kelapa Muda

Berkunjung ke Lombok, tentu kurang sah kalau belum mencicipi kuliner khasnya yang sangat terkenal. Namanya Ayam Taliwang. Kuliner ini berupa ayam yang masih muda, dibakar dengan berbagai olesan bumbu. Bisa pedas, bisa juga diolesi madu. Rasanya sangat enak. Di Lombok sendiri terdapat banyak warung yang menyediakan Ayam Taliwang, salah satunya rumah makan Taliwang Raya, yang letaknya di Kota Mataram. Selain Ayam Taliwang, ada satu kuliner yang selalu menjadi pelengkap ketika mencicipi Ayam Taliwang. Pelecing Kangkung, berupa kangkung yang dicampur sayuran lainnya seperti tauge, kacang panjang, dan tentunya sambal / Lombok yang membuat rasa pelecing kangkung sangat terkenal. Jangan lupa, tutup acara makanmu dengan Es Kelapa Madu.

baca juga : Ayam Taliwang : dari Lombok untuk Indonesia

img_20160802_121331

Menikmati Wahana Laut di Gili Trawangan

Mari jalan-jalan ke Kabupaten Lombok Utara. Disana ada deretan pulau-pulau kecil yang terkenal, ada Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air. Jika tidak memiliki waktu untuk mengeksplor ketiga-tiganya, maka pilihan tepat adalah ke Gili Trawangan. Selain karena menjadi tempat yang paling terkenal, fasilitas disana sudah sangat mumpuni. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, diving bagi yang suka sama laut dan bagian dalamnya, berjemur, bersepeda atau makan-makan juga bisa.

baca juga : Menerawang keindahan Gili Trawangan

img_20160805_141100

Melihat Indahnya Pantai Senggigi dari Puncak Malimbu

Dalam Perjalanan menuju pelabuhan yang akan mengantarkan kamu ke Gili Trawangan, jangan lupa mampir di Pantai Senggigi. Pantainya cantik, sama seperti kebanyakan pantai-pantai yang ada di Lombok. Jika ingin menikmati panorama yang lebih indah, mampirlah di Puncak Malimbu. Dari sini pemandangan Pantai Senggigi (kalau tidak salah) bisa dilihat dari puncak. Pemandangannya sungguh menakjubkan dan memanjakan mata. Birunya laut, Putihnya pasir pantai, hijaunya nyiur, dan tingginya gunung bersatu padu membentuk lukisan tuhan nan maha indah. Sungguh, jangan lewatkan pemandangan ini.

img_20160805_103751

Wisata Sejarah Taman Narmada

Di Kabupaten Lombok Barat, ada taman bersejarah yang bernama Taman Narmada. Taman ini dibangun oleh Raja Mataram, Anak Agung Ngurah Karang Asem sebagai tempat upacara pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka. Selain itu Taman Narmada juga dikenal sebagai tempat peristirahatan dan permandian para raja.

img_20160806_085936

Kompleks Utama Taman Narmada terbagi ke beberapa bagian, yaitu gerbang utama, jabalkap, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, patandaan, bangunan sekepat, balai bancingah, pura kelasa, dan pura lingsar. Selain itu terdapat wahana outbond dan museum sebagai penamah daya tarik taman.

baca juga : Taman Narmada, taman para Raja

Mengintip Sentra Tenun Khas Lombok di Desa Sukarare

Dari Lombok Barat, kita jalan-jalan ke Kabupaten Lombok Tengah. Kite mengintip sentra pembuatan tenun khas Lombok di Desa Sukarare. Desa ini merupakan desa sadar wisata tenunan selain desa Sade dan desa Banyumule. Hasil Tenunan khas Sukarare adalah sarung songket. Biasanya sarung tersebut digunakan saat upacara adat.

img_20160806_104240

Di sepanjang jalan desa terdapat banyak toko-toko yang menjual tenunan, sekaligus memperlihatkan proses tenuna n yang diperagakan oleh wanita-wanita setempat. Tak Jarang Toko juga menyediakan jasa penyewaan baju adat Lombok dan replika rumah adat Lombok untuk berfoto dengan latar tersebut. disini kamu bisa menjadi orang Lombok dalam sehari.

Baca juga : Mengintip Desa Sukarara, Sentra Tenun khas Lombok

Ikut Berbaur dengan Suku Sasak di Desa Sade

Jangan Lewatkan mampir ke Desa Sade, meski sudah melihat pembuatan tenun di Desa Sukarare. Di Desa Sade kita bisa melihat kehidupan suku sasak yang masih mempertahankan adat mereka. Sekalian, melihat rumah-rumah mereka yang juga masih mempertahankan arsitektur tradisional Lombok. Beda dengan Sukarare yang sudah terkena modernisasi dengan menggunakan dinding beton, Desa Sade masih sangat tradisional.

Desa Sade (sumber)
Desa Sade (sumber)

Bisa dibilang, Desa Sade adalah cerminan desa adat dan tradisonal suku Sasak Lombok, meski Listrik dan program program dari pemerintah daerah sudah masuk, Desa Sade masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok

Jalan-jalan ke Pantai Kuta

img_20160806_115651
Pantai Kuta

Lombok memiliki banyak Pantai yang Indah. Jadi, jalan-jalan ke Pantai memang hal yang paling tepat jika berada di Lombok. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Kuta. Nama yang sama seperti di Pulau Bali. Pantai Kuta Lombok berpasir putih, berair jernih ditambah gradasi lautnya yang indah. Satu lagi, batu karang yang ada disana juga menambah keindahan Pantai ini.

Baca Juga : Nirwana Lombok Tengah : Kuta dan Tanjung A’an

Ingin yang lebih Indah ?, ke Pantai Tanjung A’an Saja

Tak jauh dari Pantai Kuta, ada pantai Tanjung Aan. Menurut saya, pantai ini lebih Indah, karena memiliki dua macam warna pasir. Satu wilayah yang memiliki pasir seperti merica, satu lagi memiliki pasir yang putihnya seputih dan sehalus tepung. Ditambah lagi biduk-biduk yang terparkir di pinggir lautan, serta pondok-pondok bambo yang bisa melindungi kamu dari sengat matahari. Jangan lupa, berfoto di ayunan yang berdiri di bibir pantai

img_20160806_125158
Pantai Tanjung A’an

Jalan-jalan ke Taman Nasional Gunung Rinjani (Air Terjun Joben)

Beralih ke Lombok Timur, ayo jalan-jalan ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Jika kamu pendaki gunung dan punya waktu luang, kamu bisa mendaki Gunung Rinjani yang terkenal itu, jika tidak, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata yang berada di wilayah Taman Nasional. Salah satunya ke Air Terjun Otak Kokok, atau yang juga dikenal dengan nama Joben. Air Terjun ini memiliki ketinggian 5 meter, dimana air terjunnya keluar dari akar pohon banjur yang sudah berumur hingga ratusan tahun.

Air Terjun Otak Kokok (sumber)
Air Terjun Otak Kokok (sumber)

Konon menurut msayarakat , Air Terjun ini berkhasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lapar ? Nikmati Aneka Sate Khas Lombok

Setelah berkunjung ke seantero Lombok, anda pasti Lapar. coba Nikmati berbagai Sate khas Lombok, mulai dari Sate Bulayak, Rembiga dan Lilit.

dsc00187-300x225
Salah satu sate khas Lombok, Sate Rembiga (sumber)

Pulihkan Tenaga dengan Sop Bebalung

Sop Bebalung merupakan sop iga sapi. Bebalung dalam Bahasa sasak berarti “Tenaga”, Karenanya, masyarakat setempat mengartikan setelah makan Bebalung akan semakin bertenaga. Lumayan kan, setelah mengekplorasi Lombok, ditutup dengan Kuliner ini bisa menambah tenaga, menghilangkan lelah.

bebalung-iga-sapi
Sop Bebalung (sumber)

 

***

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menikmati Indahnya Pulau Lombok. Salah satu surga di selatan Indonesia . Masih banyak cara selain itu, namun itulah cara saya menikmatinya. Semoga terinspirasi.

Iklan

37 comments on “12 Hal yang bisa dilakukan di Lombok

  1. ya ampun kangennya sama Lombok.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Jadi kangen ke Lombok nich hiksss..

    Disukai oleh 1 orang

  3. mau gimana cara mbidiknya, lombok selalu keren (y)

    Disukai oleh 1 orang

  4. desa sade pengen

    Disukai oleh 1 orang

  5. Selong belanak sama mawun gak dimasukin list kak? *pantai favorit* 😀

    Disukai oleh 1 orang

  6. 13. Ke pantai pink..

    Nyampe ke pantai pink ga mas kmaren?

    Disukai oleh 1 orang

  7. Aih… pesona Lombok membuatku mupeng.
    Semoga bisa segera ke sana. Amin..

    Suka

  8. lombok memang luar biasa juara dah pokoknya dari segi wisata apa lagi banyak tempat menakjubkan di sana sip mantab dah

    Suka

  9. Sempat mandi di Otak Kokoq tidak, Mas? Hehe. Airnya jernih dan dingin banget di sana. Bahkan ketika hujan deras dan aliran air yang lain berubah berlumpur pun, satu aliran yang pokok dan paling deras di sana tetap jernih. Ajaib ya, hehe. Sayang dulu saya pas ke sana belum sempat foto-foto karena hujan deras banget. Alamat harus ke sana lagi nih, hehe.
    Lombok memang keren dan paket lengkap karena semuanya ada, hehe.

    Disukai oleh 1 orang

  10. Air terjun Jobennya masyaallah Indah 😍

    Disukai oleh 1 orang

  11. Lombok emang manntep buat libubran .
    good Artikel 🙂

    Suka

  12. buset pantai kuta lombok emang gila keren abis !!!

    Suka

  13. belum pernah ke Lombok … paling tidak jadi tahu .. 12 must visit ini

    Disukai oleh 1 orang

  14. Keren banget pantai senggigi.

    Suka

  15. pertama dateng ke lombok langsung jatuh cinta sama lombok. mau lagi lagi dan lagi kesana

    Suka

  16. Tulisan lama ya ternyata 🙂

    btw, aku paling penasaran sama sawah jaring laba-laba itu. Pose dari atas tebingnya sungguh menggoda hahaha

    Disukai oleh 1 orang

    • Lah, bukannya itu di NTT ya om?

      Suka

      • Haiya, barusan cek, ternyata bener, itu di NTT ya.

        Beberapa kali baca tulisan blogger kayaknya satu paket sama NTB gitu, ternyata letaknya di NTT. Mungkin karena jaraknya “dekat” jadi biasanya mereka pelesiran sekaligus. NTB-NTT-Bali *alagh hwhwhw

        Suka

  17. OH SENGGIGI..pengen banget rasanya kesini

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: