PAPUA BARAT - INDONESIA

Vihara Buddha Jayanti, Nuansa Oriental di Pulau Papua

Sorong, Ramadhan 2012

            Matahari dengan panasnya menyinari kota Sorong siang itu. Sungguh, itu cobaan berat bagi kami (saya dan Syaiful) yang melaksanakan puasa saat itu. Siang itu saya tiba di rumah seorang teman yang sedang bertugas sebagai imam tarwih di salah satu Musollah di Kota itu, sebut saja Rezqy. Ketika kami sampai di halaman rumah, kami kembali diuji dengan aroma soto Ayam yang berasal dari warung tetangga. Ah.., begitu menggoda, apalagi saya sempat melirik warung tersebut. Terlihat beberapa orang sedang khusuk menikmati semangkok soto ayam yang mereka pesan. Imam dalam hati sempat goyah, mengingat status saya sebagai seorang musafir, saya diberi kemudahan untuk memilih tidak berpuasa, dengan menggantinya di hari yang lain. Tapi akhirnya saya tetap kokoh, dan melanjutkan puasa.

            Saya naik lantai dua rumah itu. Bertemu dengan Rezqy , lalu istirahat sejenak. Sesekali saya ke balkon rumah itu, dan melihat di sekitar. Tak sengaja perhatian tertuju pada sebuah pagoda berwarna merah yang berdiri kokoh di atas sebuah bukit yang diselimuti ratusan pohon. Saya bertanya pada Syaiful, dan memohon untuk dibawa ke tempat itu. Dan jadilah sore harinya kami ke tempat itu.

Vihara dari Bukit
Vihara dari Bukit

            Bersama Kakaknya Syaiful, Rezqy dan Syaiful, kami tiba di Vihara yang terletak di atas bukit yang lumayan tinggi itu. Sebelum menaiki tanjakan bukit, kami melewati sebuah papan selamat datang, dan disitu tertera nama Vihara itu. Namanya Vihara Buddha Jayanti. Setibanya kami di Vihara, Pagoda yang sebelumnya membuat saya penasaran kini terlihat jelas dari dekat. Berdiri kokoh dengan warna merah, kuning dan jingga yang mencolok namun jauh dari kesan norak. Saya dibuat takjub, karena setahu saya, di Kota Sorong sangat minim penganut Agama Buddha, tapi berdiri sebuah Vihara Megah seperti Vihara Buddha Jayanti  yang memberikan nuansa oriental di pulau Papua ini.

Pagoda
Pagoda

            Vihara Buddha Jayanti ini terletak di jalan jendral ahmad yani No. 49 Sorong. Dibangun pada tahun 1986 atas inisiatif beberapa tokoh masyarakat Buddha yang menginginkan agar Umat Buddha di kota Sorong punya tempat ibadah yang layak seperti agama lainnya. Dan tanpa kesulitan apapun, Vihara ini akhirnya berdiri.

            Dari Pagoda Vihara, kami harus melewati beberapa anak tangga dulu menuju Vihara Utama. Dan setelah sampai di Puncak, kami kembali dibuat takjub dengan pemandangan indah kota Sorong dan Lautnya dengan beberapa Kapal yang sedang berlayar…ditambah warna mentari yang hampir kembali ke paraduannya,  Ahh Saya jatuh cinta dibuatnya. Vihara tampak sepi sore itu, pintu masuk ke dalam ruang utama Vihara-pun terkunci, saya hanya bisa memotret bagian dalam ruangan utama Vihara.

Pemandangan Kota Sorong
Pemandangan Kota Sorong

 

Bagian dalam Vihara
Bagian dalam Vihara
Tempat dupa
Tempat dupa

DSC00950

        Setelah mengagumi pemandangan dan bagian dalam Vihara, saya beralih ke sekitar pelataran Vihara. sebuah Lonceng, tempat menaruh dupa, dan beberapa ornament Buddha yang menarik perhatian. Yang kami sayangkan tidak ada guide yang bisa menjelaskan sejarah dan apa saja yang berkaitan dengan Vihara ini, sehingga cara kami menikmati sore di Vihara itu hanya dengan mengabadikan moment. Usai menikmati pemandangan alam dan bangunan yang begitu memanjakan mata, kami kembali ke rumah, menunggu waktu berbuka tentunya.

Iklan

6 comments on “Vihara Buddha Jayanti, Nuansa Oriental di Pulau Papua

  1. Traveling saat puasa penuh godaan banget ya…

    Suka

  2. Info baru nih. Baru tahu sisi multikultur di Papua. Keren! 🙂

    Suka

  3. wow, gak nyangka yah. Bisa ngeliat Papua dari sisi lainnya…
    skrg lagi di mana nih ka?

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: