NUSA TENGGARA BARAT - INDONESIA

Nirwana Lombok Tengah : Kuta dan Tanjung A’an

        Setelah berkunjung ke Taman Narmada, dan menyaksikan salah satu sentra tenun di Lombok Tengah, saya dan rombongan melanjutkan perjalanan ke destinasi andalan di Kabupaten Lombok Tengah. Kali ini kami akan diantar menuju pantai-pantai indah yang ada, namun tak semuanya.

Pantai Kuta

Pantai pertama, bernama Pantai Kuta. Nama yang sama juga terdapat di pulau seberang, Bali. Keduanya mungkin memiliki nama yang sama, tetapi jelas, keindahannya berbeda. Saya belum tahu bagaimana keindahan Pantai Kuta Bali, karena saya belum pernah kesana. Namun pantai Kuta Lombok, Tak kalah indah dengan Pantai Kuta Bali, atau malah lebih indah.

Secara geografis, letak Pantai Kuta berada di Kabupaten Lombok Tengah. Dari Kota Mataram jarak Pantai Kuta sekitar 72 Km. jika menuju ke Pantai ini dari Kota Mataram, kita akan melewati beberapa tempat wisata, salah satunya Desa Sade, Desa adat suku sasak yang terkenal dengan tenunnya.

img_20160806_115551

Tulisan Raksasa Pantai Kuta Lombok menyambut kedatangan saya di Pantai ini. Bersamaan dengan beberapa pedagang keliling yang menjajakan aneka souvenir khas Lombok. Jangan hiraukan mereka, kata L.O kami sesaat sebelum bus sampai di Parkiran Pantai Kuta. Jika satu diladeni, yang lain bakal ikut-ikutan menganggu.

Tuhan inikah nirwana ?.

Pantai Kuta sangat indah. Lansekap gunung terlihat ketika kita menoleh ke kiri dan kanan. Pasirnya berwarna putih, bersih, dengan teksur mirip merica. Yang istimewa,  lekuk pesisir pantai Kuta bagai busur. Gradasi air lautnya tak kalah indah. Tak lupa di beberapa titik, terdapat batu karang, ada yang kecil ada juga yang besar.

img_20160806_115651
Pantai Kuta

Saya hanya berjalan di sepanjang pesisir. Sesekali berselfie untuk momen pribadi, sesekali berfoto bersama teman seperjalanan. Beberapa turis mancanegara yang lewat tak luput jadi sasaran. Kapan lagi bisa ketemu orang asing ?, haha noraknya. Padahal banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Pantai ini, seperti Snorkling, surfing, atau sekadar bermain air. Jangan lupa, Sunbathing. Ada banyak sekali turis asing yang melakukan hal ini di Pantai yang memiliki panjang pesisir 7,2 Km ini.

img_20160806_120941

img_20160806_120934

img_20160806_120926

img_20160806_115643

Pantai Tanjung A’an

Kami beranjak dari Pantai Kuta menuju Pantai tetangga, Namanya Pantai Tanjung A’an. Pantainya sama-sama Indah. Namun, pasti ada sesuatu yang membuat mereka berbeda. Karena tidak ada yang benar-benar sama. Meski Kuta Bali dan Kuta Lombok sama-sama bernama Kuta, jelas mereka berbeda. Meski Kuta dan Tanjung A’an berdekatan, mereka juga berbeda. Jika Kuta memiliki tekstur pasir seperti Merica, maka Tanjung A’an berpasir Halus putih layaknya Terigu. Karena Pasirnya lebih putih, Air Lautnya terasa lebih biru. memanjakan mata bagi yang memandang. Namun, bagi beberapa orang, Sampah rumput laut yang berserakan di bibir pantai akan terasa mengganggu, tapi bagi saya itu unik karena sampahnya masih alami.

img_20160806_125206

img_20160806_125209

img_20160806_130017

Tuhan inikah Nirwana ? Atau mungkin hanya perasaan saya saja ?

Terdapat bukit nan hijau di sisi kanan dan kiri.  banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati panorama pantai dari atas bukit.  Juga terdapat ayunan di bibir pantai yang membuat pantai ini terasa romantis. ditambah lagi gazebo untuk menikmati panorama pantai dengan santai. Biduk-biduk yang berlayar dan bersandar turut menambah kesyahduan pantai ini. Sebelum ke Lombok sejujurnya, saya telah mewanti-wanti untuk bisa menikmati salah satu lukisan tuhan di Pantai ini.


img_20160806_125011

img_20160806_125158

img_20160806_125301

Pantai Tanjung A’an cukup sepi, Cocok buat kamu yang suka menyepi, apalagi betah menjomblo #ehh. Pantai Tanjung A’an juga terasa masih perawan, karena belum tersentuh fasilitas-fasilitas pendukung, seperti penginapan atau resort layaknya Pantai Kuta.

img_20160806_125125
So romantic

Jika belum puas dengan keindahan Tanjung A’an, kamu bisa menyewa Perahu menuju Pantai Batu Payung, yang khas dengan Batu berbentuk payungnya yang terkenal itu.

Keindahan Lombok Tengah, bukan Cuma itu saja. Tapi itu saja, bisa membuat kamu betah berlama-lama di Lombok Tengah.

Iklan

18 comments on “Nirwana Lombok Tengah : Kuta dan Tanjung A’an

  1. Asiknya berjemur dipantai.. Apalagi bisa menikmati kelapa muda di gazebo

    Disukai oleh 1 orang

  2. Naik ke bukitnya seru juga Mas, ke Bukit Isyana karena jadi tempat syuting video klipnya Isyana Saraswati (nama aslinya sih Bukit Merese, hehe). Memang bagus banget Tanjung Aan dan sekitarnya ini. Mudah-mudahan upaya pemerintah mengolah destinasi ini bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar, sehingga pemandangan anak-anak yang terlalu “gigih” berjualan dan cerita hitam soal begal bisa dihilangkan.

    Disukai oleh 1 orang

    • Nah itu dia, bukit merese…. waktu nulis ini saya mikir, bukit yg di tanjung aan itu apa namanyaaa…. pusingnya minta ampun. Hahaha. Waktunya sempit mas gara, apalagi trip gratisan yg schedulenya diatur sama panitia, hmm jadi gak kesampaian ke bukitnya itu.
      Ohh disana juga ada begal?

      Suka

      • Ada Mas, agak meresahkan turis asing juga, makanya di daerah sana ketika hari sudah gelap itu sepi banget, wisatawan sudah tak berani lagi ke sana. Saat ini tapi pengamanan ditingkatkan, mudah-mudahan dampaknya kerasa ya…

        Disukai oleh 1 orang

      • Wah serem juga ya kalau ada begal. Kirain di Makassar aja yg marak begal, ternyata disana juga.
        Semoga dampaknya kerasa 🙂

        Suka

      • Iya, sepertinya di mana-mana masih ada begal sih… ini catatan buat kita semua supaya lebih hati-hati.
        Amin, terima kasih…

        Disukai oleh 1 orang

  3. jadi rindu pantai lihat blog fauzi apalagi lombok ckkc cakep

    Disukai oleh 1 orang

  4. lombok selalu apik 🙂

    Suka

  5. Di Nirwana banyak mahkluk tak berbusana ya.

    Suka

  6. kuta bali pernah tapi kuta lombok saya belum pernah 🙂
    dilihat dari fotonya sih lebih asyik kuta lombok … tidak ramai dan jauh lebih bersih

    Disukai oleh 1 orang

  7. Foto terakhir nggak asyik. Gak bisa dihapus aja ya? #PembacaBaper

    Disukai oleh 1 orang

  8. Ping-balik: 12 Hal yang bisa dilakukan di Lombok – Bukan Pajokka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: