SINGAPORE

Singapura 12 Jam

Singapura adalah Negara kecil yang terletak di Selat Malaka, berbatasan dengan Malaysia di Utara, dan Kepulauan Riau (Indonesia) di Selatan. Di Kunjungan saya ke Malaysia, saya juga sempatkan mengunjungi Singapura selama setengah hari atau 12 Jam saja. Singkat, tapi memuaskan, begitu kesan yang saya dapatkan setelah berkunjung kesana. Singapura dikenal sebagai kota termahal di dunia, mengalahkan Paris atau Tokyo yang juga dikenal sebagai kota mahal. Oleh karena itu saya menghindari menginap disana, meski banyak juga penginapan yang menawarkan harga murah. Sebenarnya kendalanya bukan di Ongkos, tapi di waktu yang terbatas.

Saya berangkat dari Malaysia pukul 11.00 waktu setempat dan sampai jam 4.30 di Singapura, dan meninggalkan Singapura Pukul 04.30 waktu setempat. Jadi lama saya di Singapura memang hanya sekitar 12 Jam saja. Di waktu yang singkat itu, tempat apa saja yang bisa dikunjungi ?, mari simak perjalanan saya, mungkin bisa dicontoh kalau mau melakukan perjalanan singkat juga.

Pukul 05.00 – 08.00 – Woodlands Checkpoint

Karena ketinggalan Bus, maka kami menghabiskan banyak waktu di Woodlands Checkpoint. Terlebih kami juga harus menunggu lama di kantor keamanan pihak Imigrasi Singapura. Bagi kamu yang ketinggalan bus (juga), tak perlu panik, karena di Woodlands banyak taksi dan ada Bus Stop yang bisa mengantar ke Stasiun MRT. Dengan MRT kami bisa berkunjung ke pusat kota Singapura.

Bagi Muslim, ada Masjid An – Nuur yang tak jauh dari Woodlands Checkpoint. Disana kami melaksanakan sholat shubuh, Mandi, dan istirahat sejenak menunggu langit sedikit terang. Saran saya istirahatlah sampai jam 8, baru eksplor Singapura.

DSC01116 DSC01117

Karena kami juga belum menukarkan uang, di Woodlands ada satu Money Changer yang buka sekitar  pukul 06.30 / 07.00. tapi saya sarankan Untuk menukarkan uang terlebih dahulu baru ke Singapura.

Kalau tidak ketinggalan bus, maka kamu akan turun di tengah Kota, di kantor perwakilan perusahaan bus itu beroprasi dan mengambil penumpang. kalau pakai bus Five Star, maka turunnya di Golden Miles, Beach Road. Dekat dengan Masjid Sultan, Mustafa Centre dan Bugis Street. Bugis Street dekat dengan China Town, Little India, dan tempat menarik lainnya.

Pukul 08.00 – 11.00 Woodland – Marina Bay Sands – Gardens Bay the Bay

Kami memulai perjalanan dari Masjid An-Nuur, dengan Bus menuju stasiun Woodlands. Perhatikan kode Bus yang terpampang di kaca depan. Jangan sampai mengambil bus jurusan Johor Bahru. Dari Stasiun Woodlands, naik MRT menuju stasiun Marina Bay. Dari Marina Bay kami naik kereta lagi menuju Bayfront. Dari Bayfront kami menuju Gardens By The Bay. Sebuah Taman buatan yang memiliki banyak atraksi menarik. Salah satu yang terkenal adalah Supertree. Cukup membayar 3 SGD untuk masuk. Beberapa tempat di GBTB ini juga masih perlu bayar untuk memasukinya, seperti Flower dome, OCBC Skyway dan beberapa dome lainnya.

Gardens By The Bay
Supertree
View Dari GBTB

Sekadar saran, kalau mau langsung ke Merlion Park, jangan singgah di Marina Bay dulu. Berhentilah di perhentian Raffles Place, karena stasiun itulah yang paling dekat dari Merlion Park.

Pukul 11.00 – 13.00 – Singapore River – Merlion Park

Dari Gardens By The Bay, kami kembali ke Stasiun Bayfront, lalu ke Marina Bay, lalu menuju Raffles Place. Dari Raffles place, kami berjalan menuju Sungai Singapura yang sangat bersih dan menurut saya sangat keren. Kamu juga bisa menaiki gondola yang membawa kamu menyusuri Sungai ini, tapi biayanya lumayan mahal yaitu 25 SGD. Kami tidak menaiki Gondola itu, kami hanya berjalan meyusuri pinggiran sungai, dan sampai di mulut Sungai. di mulut Sungai inilah tempat patung Merlion berada. Jangan terlalu lama foto yah. Supaya tempat lain bisa kamu kunjungi.

Teluk Marina dan Esplanade
Merlion

Kalau kamu penikmat museum, di pinggir sungai Singapura ada Asian Civilization Museum. Dan saran lagi, lebih baik ke Merlion Park dulu, baru ke Gardens by The Bay.

Pukul 13.00 – 15.00 : Bugis Street – Masjid Sultan

Setelah melihat ikon-ikon Singapura, saatnya berbelanja dan Makan-makan. Ada banyak Pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi yaitu Bugis Street, China Town,  Little India, Orhard Road dan Mustafa Centre. Karena menurut saya waktu saya sempit, saya memilih Bugis Street saja. Tapi kamu juga bisa menyempatkan diri ke Chinatown karena jalur MRT Bugis Street dan Chinatown sama, tapi ujung pukul ujung. Dari Raffles Place menuju Bugis Street, kamu cukup kembali ke Marina Bay, lalu ke Bayfront. Dari Bayfront, naik kereta lagi menuju stasiun Bugis. Di Bugis street saya membeli beberapa souvenir berbau singapura, dan roti untuk mengganjal perut.

Bugis Street

Setelah berbelanja di Bugis Street, kami berjalan kaki menuju Masjid Sultan yang tak jauh dari Bugis Street. Cukup bertanya sana-sini, dan kami akhirnya menemukan Masjid Sultan. Disana kami istirahat, dan melaksanakan sholat dhuhur dijamak dengan ashar

Masjid Sultan
Malay Heritage centre

Oh iya, dekat Masjid Sultan ada Malay Heritage Centre. Saya kurang tahu apa di dalamnya, saya juga sempat penasaran. Saat itu saya pikir waktunya sudah mepet, jadi saya memutuskan hanya melihat bagian luarnya saja. tapi kalau kamu punya waktu luang, sempatkanlah masuk ke dalam. Mungkin di dalamnya seperti Museum

15.00 -16.30 : Mencari Golden Miles dan Meninggalkan Singapura

Setelah istirahat, kami melanjutkan perjalanan. Kali ini tidak lagi ke tempat wisata, tetapi mencari Golden Miles. Golden Miles adalah nama gedung dan pusat perbelanjaan, juga menjadi tempat bus yang akan kami tumpangi mengambil penumpang. letak golden Miles tidak jauh dari Masjid Sultan. Sebenarnya di jadwal kami akan berangkat pukul 15.30, jadi kami meninggalkan Masjid Sultan pukul 15.00. tapi sesampai kami disana, kami ternyata harus menunggu agak lama. Kami berangkat meninggalkan singapura sekitar pukul 16.30 / 17.00 waktu setempat.

Itulah rincian perjalanan 12 Jam saya di Singapura, gak pas 12 Jam sih, lebih  sekitar 30 menit. Bagi anda yang juga akan ke Singapura dalam waktu singkat, bisa mengikuti rincian ini sebagai patokan, tapi jika anda lebih tahu mengefisienkan waktu, destinasi yang dikunjungi bisa lebih banyak. Semoga Membantu.

29 comments on “Singapura 12 Jam

1. 12 jam tapi banyak spot yang bisa diambil, mantap 🙂

2. Iya ini 12 jam doang tp banyak bgt tempat yg didatengin. Hebat! 💪💪

Suka

3. Ini kalau sebanyak ini destinasinya, kita mesti buru-buru banget nggak sih? Duh saya belum pernah ke Singapura, jadi saya takjub baca postingan ini. Masjid An-Nur itu keren, ya! Bernuansa biru dan futuristik.

Disukai oleh 1 orang

• Gak buru buru juga, istilahnya kalau udah puas baru ninggalin, tergantung keinginan saja. Kayak di Gardens by the bay sebenarnya banyak yg bisa diliat disitu. Tapi karena rata rata harus bayar jadi yang perlu perlu saja… heheh.
      Beberapa tempat di singapore river juga hanya diliat bagian luarnya saja. Intinya sih waktu ke spore cuman modal pengen liat si merlion. Kalau mau tau detailnya bisa baca postingan sebelumnya.
      Setuju, saya juga suka sama desain masjid an nur itu. Birunya gimana gitu… heheh

Disukai oleh 1 orang

4. eduuun cuma setengah har aja ya kak, kalo manula kaya aku kayaknya gag sanggup.. hahahaha

5. Kamu harus ke Singapura lagi, bro. Di Chinatown ada banyak objek wisata menarik. Jalannya yang sempit diapit rumah-rumah tua peranakan yg warna-warni, terus ada Buddha Tooth Relic Temple & Museum, Sri Maha Mariamman Temple, Masjid Jami, sama Chinatown Heritage Center. Jelang petang ada street market yang menjual oleh-oleh dan makanan.

Btw, Singapura bukan kota termahal di dunia, masih lebih mahal Tokyo. Termahal di dunia itu kalau nggak salah Oslo (Norwegia) sama Helsinki (Finlandia)

Disukai oleh 1 orang

6. gardens by the bay ini yang hutan buatan itu ya, apa karena Singapura negara kecil sampai-sampai 12 jam tercukupi tuk berkeliling.

• Singapura emang negara kecil, tapi transportasi disana juga mumpuni , dan juga kalau sudah di pusat kota, dari tempat satu ke tempat lainnya lumayan berdekatan. Kecuali dari woodlands ke pusat kota itu yang makan waktu sejaman…

7. Duhhhh negara kesukaan ku. Soalnya bersih dan tertib 😀

Disukai oleh 1 orang

8. bagus juga infonya, thanks … kalau hanya pp, jadi tahu mesti kemana aja dan ekonomis .. hehehe .. sesuai kantong

Suka

9. Dalam 12 jam banyak banget yg bisa disambangi di Singapura. Yang penting kumpulin energi yang banyak dulu ya 🙂

Disukai oleh 1 orang

10. kalo inget woodland check point mah gw suka miris dan ketawa sendiri, pernah di tahan selam 3 jam dari JBmau masuk ke Sing

11. Baru ngeh, di bawah patung Merlion ada gambar2 gitu ya. Hmm jelek hahaha

12. Bisa rontok badan imut gw kalo di geber langsung 12 jam hahahaha.
    Tp bugis selalu juara, seru buat kece2an

Suka

13. Masih kebayang waktu ketahan di bandara singapore pas mau balik.. sampai sekarang masih belum kesana lagi