SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Bantaeng Dulu Sekarang : Pantai Marina

       Dulu, Daerah Kabupaten Bantaeng hanya sekadar daerah yang dilalui jika wisatawan ingin berkunjung ke Bulukumba. Memang, Bantaeng kalah saing dengan tempat wisata di Bulukumba. Bulukumba menawarkan banyak pengalaman unik dan menarik, mulai dari Pantainya yang putih bersih ditambah warna air lautnya yang biru, lalu ada kawasan adat ammatoa yang menawarkan wisata adat dan budaya pedalaman, dimana warganya hampir tidak mengalami modernisasi, dan khas dengan pakaian hitamnya. Sehingga ketika orang mendengar kata Bantaeng, mungkin yang ada di benak mereka “ada apa disana ?”, dimana itu ?, “Mending ke Bulukumba” dan segenap pertanyaan dan anggapan yang memandang Bantaeng dengan sebelah mata !!.

Lalu sejak kepemimpinan Bupati bernama Nurdin Abdullah, Bantaeng tiba-tiba menjadi buah bibir, oleh kebanyakan pecinta wisata di Sulawesi selatan. Pasalnya, Daerah di bagian Selatan Sulawesi selatan itu mendadak memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika dulu orang hanya mengenal Pantai Losari di Makassar, maka Bantaeng memunculkan Pantai Seruni sebagai penyaingnya. Jika di Bulukumba ada Pantai Tanjung Bira, maka di Bantaeng ada Pantai Marina, lalu jika di Maros ada Air Terjun Bantimurung, maka di Bantaeng ada Air Terjun Bissapu.. Bukan Cuma itu, sarana dan prasarana di Daerah itu pun semakin menggeliat, sejak dipimpin oleh Bupati yang ternyata adalah seorang Professor itu.

Karena penasaran, saya dan keluarga lagi-lagi melakukan trip keluarga ke Bantaeng. Tujuan pertama adalah Pantai Marina. Pantai Marina terletak di perbatasan Bantaeng-Bulukumba. Secara administratif, terletak di Dusun Korong Batu, Desa Baruga, Kecamatan Pajukukkang, Kabupaten Bantaeng. Dulu, kata orang, Pantai Marina hanyalah semak belukar, dan pantai biasa yang tidak menarik sama sekali. Tapi Itu dulu

Kami sampai pukul 10.00 pagi, setelah meninggalkan Makassar sekitar pukul 07.00 pagi. Dan benar kata orang tentang Pantai yang dulunya hanya semak belukar ini. Sekarang, Pantai Marina benar-benar punya daya jual yang tinggi. Gazebo yang berjajar di Pinggir pantai, beberapa hotel, meeting room, masjid, warung makan sebagai sarana penunjang, dan tentunya Pasir Pantai yang putih dan  bersih. Tempat yang dulunya hanya semak belukar kini disulap menjadi rest area yang ditata sedemikian rupa. Tempat ini kini begitu menarik. Terlebih lagi karena letaknya yang strategis.

Pantai Marina
Pantai Marina

Saya dan keluarga memilih duduk di salah satu Gazebo. Melihat pemandangan laut ditemani suara deburan ombak. Beberapa anak muda terlihat sangat menikmati pantai ini dengan bermain air dan pasir. Sayang bagi saya ini sudah lumayan panas, untuk bermain-main air laut. Takut hitam heheh. Meski tidak menikmati pantainya secara langsung, setidaknya saya sudah melihat perubahan yang terjadi di daerah ini. Bak perkataan “From Zero To Hero”, Seperti itulah Bantaeng saat ini. Dari Kabupaten yang tak punya apa-apa, menjadi kabupatan yang memiliki apa saja. Dari Kabupaten yang hanya persinggahan, menjadi Kabupaten destinasi. Pantai Marina hanya salah satu yang saya kunjungi.

Gazebo
Gazebo
Hotel dan Meeting Room
Hotel dan Meeting Room
Gazebo
Gazebo

Nantikan cerita di destinasi selanjutnya.

Iklan

11 comments on “Bantaeng Dulu Sekarang : Pantai Marina

  1. Waaah, cantik ya!

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ini yang bupatinya terkenal itu ya? kl bukan karena beliau, saya juga enggak ngerti bantaeng itu dmn… 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  3. Hebat yach bupati nya. Semoga bantaeng lebih tersohor lagi kedepannya yach.

    Disukai oleh 1 orang

  4. hebat ya pak bupati-nya, saya juga penasaran ingin jalan2 ke bantaeng.
    mudah2-an jadi inspirasi dan makin banyak bupati/walikota seperti ini … makmurlah negara ini … aamiin

    Disukai oleh 1 orang

  5. Rifqy Faiza Rahman

    Salut memang dengan sepak terjang Prof. Nurdin Abdullah. Entah, memang kerasa beda kalau yang memimpin daerah itu seorang teknokrat/akademisi, jelas dan runtut gitu perencanaan pembangunannya, tanpa tekanan politik apapun.

    Disukai oleh 1 orang

  6. Wuiih! Jarang-jarang lho ada pantai bagus dan bersih seperti di Bantaeng ini. Lebih mending dari Pantai Losari lah. Seenggaknya, di sini ada pasirnya. :p

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: