SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Melepas penat di Pantai Losari

            Weekend seperti hari ini memang saat yang tepat untuk jalan-jalan, melepas segala penat menjalani perkuliahan dalam sepekan. Jalan-jalan itu macam-macam, ada yang murah, ada yang mahal. Ada yang jauh, ada juga yang dekat. Ada yang simpel, juga ada yang ribet. Weekend kali ini, saya hanya ingin jalan-jalan ke Pantai Losari. Selain karena dekat, murah dan Simpel, saya juga belum pernah menikmati pantai ini leluasa. Kebetulan, saya juga belum nge-post sesuatu tentang tempat-tempat menarik di kota Makassar, kota tempat saya tinggal saat ini.

            Pantai Losari bagi warga Makassar itu sudah sangat terkenal, mendarah daging bahkan menjadi ikon bagi kota Makassar itu sendiri. Tempat ini menjadi tempat nongkrong nomor satu warga Makassar, entah yang tua, maupun yang muda, apalagi di hari-hari libur, seperti sabtu dan Minggu, utamanya Malam Minggu. Tempat ini sangat ramai dikunjungi.

            Saya memilih ke Pantai Losari pagi-pagi. Pagi itu, jalan menuju pantai Losari lumayan lengang, tidak macet sehingga tidak butuh waktu lama untuk sampai di pantai ini. Sampai di Pantai, saya memarkir motor area parkiran Masjid Amirul Mu’minin. Cukup Rp. 2.000. untuk biaya retribusi parkir, saya bisa menikmati keindahan Pantai Losari sepuasnya.

Masjid Amirul Mu'minin
Masjid Amirul Mu’minin

            Tempat pertama yang saya kunjungi di Area pantai ini adalah Masjid Amirul Mu’minin. Masjid ini dikenal sebagai Masjid Terapung karena letaknya yang berada di atas laut. Masjid ini juga termasuk masih baru, dan menjadi ikon baru bagi Kota Makassar. Bicara soal arsitektur Masjid ini, bisa dibilang unik. Kata sepupu saya, Iccul [kebetulan saya pergi berdua] desain Masjid ini mirip hewan laut, Tapi sayang, saat itu Masjid sedang tutup, jadi saya hanya bisa melihat bagian luarnya saja… hiks hiks.

            Di sekitar Masjid, ada banyak patung-patung pahlawan Sulawesi selatan. Ada Syekh Yusuf, Sultan Hasanuddin, Pong Tiku, Andi Djemma, Jend. M. Yusuf, Andi Mattalatta dan banyak Lagi. Tak lupa, tempat favorit buat bergifo ria adalah anjungan Pantai Losari. Namanya juga Anjungan, sudah pasti yang tergambar di benak adalah tulisan raksasa. Ada banyak anjungan di Pantai Losari, ada anjungan Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja sebagai symbol dari 4 suku besar yang ada di Sulawesi Selatan.

Panlos-Rotterdam3-001

            Selain patung-patung pahlawan, masih terdapat beberapa patung di Pantai ini. Ada Patung Becak raksasa, Patung kerbau, patung perahu pinisi, dan banyak lagi. Semua patung itu menggambarkan budaya-budaya di Sulawesi selatan. Seperti Patung Kerbau misalnya. Kerbau ini sudah sangat kental bagi warga Toraja, karena kerbau selalu menjadi bagian dari upacara Adat warga Toraja.

DSC00891

  DSC00895

      DSC00898

        Kebetulan Pagi itu sedang ada event. Berpusat di Anjungan utama Pantai Losari. Kalau tidak salah eventnya Makassar traditional Festival, Zidan, runner up Junior Masterchef season 1 juga hadir sebagai Guest Star di event itu, dan itu sisi Lucky-nya., jalan-jalan eh ketemu Idola. Cieehh…, kebetulan Zidan andalan saya di JMC Indonesia season 1, Jadi gue seneng banget getohh.

DSC00911

        Di event itu juga diadakan lomba permainan Tradisional. , melihat anak-anak Makassar yang masih suka bermain Tradisional, Membuat saya bersemangat dan rasanya ingin main juga.

Anak-anak Makassar bermain Sallo
Anak-anak Makassar bermain Sallo

            Nah, terakhir sebagai penutup jalan-jalan murah, simpel dan dekat ini, saya mengambil gambar salah satu Anjungan yang bertuliskan “City Of Makassar”.

DSC00896

0 comments on “Melepas penat di Pantai Losari

Tinggalkan Balasan

