SAUDI ARABIA

Puas makan Kurma di Pasar Kebun Kurma King Fahd

         Pagi menjelang siang, bus yang saya dan Jama’ah Mubina Tour melaju membawa kami ke tempat yang lumayan jauh dari pusat kota Madinah. Hal itu terlihat dari pusat kota yang dipenuhi bangunan tinggi, kini hanya terlihat beberapa rumah dan padang yang ditumbuhi pohon kurma. Bus berhenti di sebuah bangunan yang dilindungi oleh dinding-dinding besar. Selain bus yang kami tumpangi, terlihat beberapa bus parkir di tempat kami berhenti. Seluruh jama’ah turun dari bus, dan masuk ke tempat itu. Di samping bangunan itu, terdapat banyak pohon kurma yang tumbuh. Ternyata, tempat ini adalah Pasar Kebun Kurma. Pasar yang disampingnya terdapat kebun kurma. Di Beberapa titik tertulis Mazra King Fahd  (kalau gak salah ingat). Mungkin nama pasar ini Pasar Kebun Kurma King Fahd.

       Saya masuk ke Pasar terlebih dahulu. Yah, namanya juga Pasar Kurma, sudah pasti menjual Kurma dong. Hampir semua jenis kurma di Jual di tempat ini, dan harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis kurma. Pasar ini cukup terkenal dan menjadi tempat favorit para jama’ah umrah maupun jama’ah haji sebagai tempat belanja oleh-oleh, karena buktinya, Pasar ini sangat ramai, meski Pasar ini tidak begitu besar, hampir seluas pasar-pasar swalayan yang menjamur di Indonesia.

       Yang unik dari Pasar ini adalah Peraturannya. Iya, setiap pengunjung bebas memakan apa saja selama berada di pasar. Sebanyak apapun. Entah itu Kurma, atau Coklat -karena di Pasar ini juga menjual coklat- , jadi pengunjung bisa tahu rasanya dan kualitasnya. Tapi hanya berada di dalam pasar ya, nggak boleh dibawa pulang. Karena kalau kurmanya mau dibawa pulang, Pengunjung harus bayar, atau dengan kata lain, Harus membelinya terlebih dahulu, tidak gratis lagi. Banyak jama’ah yang tidak mau melewatkan kesempatan memakan kurma gratisan yang disediakan oleh pihak pasar. Ada yang mencoba Kurma ini, Kurma itu, Hingga semua jenis kurma dicoba, tapi ujung-ujungnya Cuma beli satu jenis, itupun Cuma 1 buah.

Ayo Makan Kurmanya, mumpung Gratis
Ayo Makan Kurmanya, mumpung Gratis

  IMG_3826

      Berbicara soal Kurma, ada banyak jenis kurma yang dihasilkan oleh pohon-pohon kurma yang tumbuh di tanah arab yang dijual di Pasar ini, diantranya :

     Kurma Ajwa, Kurma kegemaran Nabi yang hanya tumbuh di kota Madinah. Tidak hanya menjadi kegemaran Nabi, tetapi menjadi Kurma incaran para jama’ah umrah maupun haji. Warnanya hitam eksotis, lembut dan tidak terlalu manis. Karena menjadi incaran, Kurma ini termasuk mahal. 1 Kg kalau gak salah dihargai dengan KSR 50. Selanjutnya ada Kurma Sekki yang berwarna kekuningan di bagian atas, dan kecoklatan di bagian bawahnya Rasanya tidak terlalu manis , Bagian atasnya lebih keras, namun bagian bawahnya terasa lebih empuk. Kalau Kurma Barhi Lain lagi, rasanya mirip seperti caramel begitupun warnanya yang coklat cerah, mirip caramel.

       Kalau yang paling banyak diproduksi, Kurma Khidri juaranya. Kurma ini memiliki warna maroon gelap, teksturnya lebih kering dan kenyal, dan rasanya tidak terlalu manis. Paling sering digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma mulai dari kurma isi almond, hingga untuk campuran coklat. lalu, ada Jenis Kurma Sokari yang paling disukai di Arab Saudi, Kurma Silaj yang rasanya sedikit kering dan manis, Kurma Majol yang sangat manis, dan Kurma Monief yang berwarna coklat terang, lembut dan rasa manisnya Pas.

     Kurma yang paling saya suka sebenarnya adalah Kurma Ajwa, selain karena rasanya, saya juga suka warnanya yang eksotis. tapi karena harganya yang lumayan mahal saya memilih Kurma Sokari. Saya tidak hanya membeli Kurma, tapi juga coklat sebagai oleh-oleh untuk keluarga di Indonesia. Kalau coklat, harganya lumayan murah dan bisa dapat banyak jadi coklat bisa menjadi alternative belanja bagi yang mau hemat anggaran.

Coklat berbentuk batu
Coklat berbentuk batu

      Setelah asik belanja, saya beralih ke Kebun Kurma di samping bangunan pasar. Tempatnya adem, tersedia kursi bagi para pengunjung yang ingin istirahat sejenak sambil menikmati kurma yang telah dibeli. Tempatnya juga pas buat berfoto dengan latar belakang pohon kurma yang bentuknya unik. Pokoknya Pas dah. Setelah Puas makan kurma, Belanja, Bergifo-ria perjalanan ziyarah Kota Madinah dan sekitarnya dilanjutkan

Iklan

3 comments on “Puas makan Kurma di Pasar Kebun Kurma King Fahd

  1. Ping-balik: The Amazing Madina | Travelucky

  2. Aku kenyang banget makan kurma disini daaaaan digodain penjual nya gara2 minta diskon ppfftt

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: