SAUDI ARABIA

Kisah di Balik Jabal Tsur dan Jabal Rahmah

      Hari Kedua di Kota Mekkah, Saya dan Jama’ah Mubina tour dibawa berziarah ke tempat-tempat penting dan bersejarah di Kota Mekkah dan sekitarnya. Kami dibawa ke sebuah Gunung yang terletak sekitar 6 Km dari pusat kota Mekkah terlebih dahulu. Gunung itu bernama Jabal Tsur. Sama seperti Jabal Uhud yang ada di Madinah yang memiliki sejarah di dalam Islam. Jabal Tsur yang saya kunjungi ini juga punya kisah sejarah di dalamnya. Di Jabal Tsur terdapat Gua Tsur yang menjadi tempat perlindungan Nabi Muhammad SAW DAN Abu Bakr Ash-Shiddiq dari kejaran kaum kafir Quraish. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 622 Masehi, saat Nabi dan Abu Bakar memutuskan hijrah ke Kota Madinah untuk mencari tempat berda’wah dan menyebarkan ajaran islam yang lebih kondusif. Namun pihak Kafir Quraish tidak menginginkan ajaran islam menyebar lebih luas, dan akhirnya dilakukanlah pengejaran terhadap Nabi Muhammad saw, tentunya untuk menghalangi tujuan utama Rasulullah. Atas Petunjuk yang diberikan oleh Allah swt melalui malaikat Jibril, Nabi Muhammad dan Abu Bakar yang berada dalam keadaan Terdesak untuk berlindung di Gua Tsur selama Tiga hari tiga malam.

        Guide Tour yang setia mendampingi kami dari mulai saat kami tiba di Arab Saudy , sampai saat ini menjelaskan dengan detail sejarah di balik gagahnya jabal tsur yang masih eksis sampai saat ini. Saya hanya melihat Jaba Tsur dari jauh, karena letak gunung itu lumayan jauh, akan mengambil banyak waktu jika harus ke sana dan mendaki gunung itu. apalagi dengan membawa banyak jama’ah. Masih ada beberapa tempat yang akan dikunjungi.

        Kondisi di sekitar Jabal Tsur juga sangat gersang. Meski masih pagi, kondisi cuaca sedikit panas. Saya dan Jama’ah berfoto dengan beckground Jabal Tsur. Saat Saya dan para jama’ah asik dengan kesibukan masing-masing, Guide kembali memulai menceritakan kisah selanjutnya dari gunung ini, dan beberapa jama’ah mulai menyimak.

     Selama Tiga Hari Muhammad dan Abu Bakar berlindung di Gua Tsur, selama itu pula pasukan Kafir Qurasy dengan sungguh-sungguh mencari mereka tanpa mengenal lelah . Selama Rasulullah dan Abu Bakar berada di dalam Gua, tiada hentinya Rasulullah menyebut Nama Allah. Beliau menyerahkan Nasibnya sepenuhnya kepada Allah swt. Pada saat itu juga, Abu Bakar memasang telinga untuk mengetahui apakah pasukan Kafir Qurash itu sudah berhasil menemukan jejak-jejak mereka atau tidak.

      Orang-orang Kafir Quraisy ada yang telah mencoba untuk memasuki gua, namun mereka keluar lagi karena ada sarang laba-laba yang menutupi mulut gua. Diantara mereka juga ada yang melihat 2 ekor burung dara hutan di lubang gua. Jadi mereka mengira tidak ada orang di dalam Gua. Orang-orang Quraisy makin yakin bahwa dalam gua itu tidak ada manusia tatkala mereka melihat ada dua cabang pohon yang terkulai di mulut gua. Tak ada jalan untuk masuk ke dalam gua tanpa merusak jaring laba-laba tersebut, tanpa mengusir dua burung dara tersebut dan tanpa menghalau  dahan-dahan tersebut. Ketika itulah mereka meninggalkan Gua dan Gunung Tsur. Kepercayaan dan keyakinan Abu Bakar terhadap Allah dan Rasulnya semakin bertambah.

Jabal Tsur
Jabal Tsur

     Dengan Serius ada yang begitu memperhatikan penjelasan dari Guide Tour kami. Ada juga yang sibuk mengambil gambar gunung, dan macam-macam. Setelah itu, Guide menginstruksikan untuk kembali ke Bus, dan melanjutkan Ziarah ke tempat berikutnya.

      Bus membawa kami lebih jauh, hingga kami sampai di suatu tempat yang disebut-sebut bernama Padang Arafah. Namun bus belum berhenti ketika di padang Arafah, bus masih terus melaju hingga sampai di dekat sebuah bukit batu yang tidak begitu tinggi bernama Jabal Rahmah. Bus berhenti di sekitar bukit itu, dan semua semua jama’ah turun dari Bus. Jabal Rahmah ini juga merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh jama’ah haji atau umrah ketika berada di Kota Mekkah. Letaknya di Ujung padang Arafah yang merupakan tempat jama’ah haji melaksanakan Wukuf yang merupakan salah satu rukun haji, pembeda antara pelaksanaan Haji dan Umrah.

Jabal Rahmah
Jabal Rahmah

       Rahmah memiliki arti kasih sayang. Bebeda dengan Jabal Tsur yang menyimpan kisah menegangkan karena menjadi tempat persembunyian Nabi dan Abu Bakar dari kejaran orang-orang Kafir, Jabal Rahmah justru menyimpan kisah mengharukan. Kisah Pertemuan antara Nabi Adam dan Hawa yang diusir dari surga karena melanggar perintah Allah dengn memakan buah larangan yaitu Buah Khuldy. Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke Bumi dan ditempatkan di tempat yang terpisah.

      Hingga Akhirnya, mereka berdua bertemu di Jabal Rahmah. Pertemuan kedua manusia pertama yang saling mencari satu sama lain itu sangat mengharukan, membuktikan betapa kuatnya rasa cinta mereka, dan juga membenarkan kalau Cinta Sejati itu memang Ada. Untuk mengenangnya, di Puncak Jabal Rahmah dibangun sebuah tugu yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 8 meter. Masyarakat percaya, Tepat di tempat dibangunnya tugu itu, Nabi Adam dan Hawa bertemu.

     Banyak orang yang menaiki puncak Jabal Rahmah, termasuk saya yang tak mau menyianyiakan kesempatan. Jabal Rahmah tidak tinggi, tingginya hanya 70 meter, dan terdapat tangga untuk menaiki puncaknya. Saya harus melewati 160 anak tangga, dan menghabiskan waktu sekitar 15 menitan, dan saya sampai di Puncak…… Yeeeeyy !!. Saya mendekati Tugu dan mengambil gambarnya. Saya juga mengambil gambar pemandangan padang Arafah yang Indah dari Puncak Jabal Rahmah.

Pemandangan dari Bukit
Pemandangan dari Bukit

IMG_9990

IMG_9995

       Karena tempat ini merupakan tempat bertemunya kedua sejoli yang lama tak bertemu, banyak orang yang percaya, jika berdoa di tempat ini maka permintaannya cepat dikabulkan, Insya Allah. Termasuk saya, saya berdoa semoga saya dijodohkan dengan si ….. . bukan Cuma berdoa, banyak juga yang mencoret-coret batu-batuan yang ada di Bukit dengan menuliskan nama dan nama pacar mereka, Agar kelak mereka dipertemukan dalam tali pernikahan dan menjadi keluarga yang bahagia. Sebenarnya sih tidak ada jaminan pasti, tapi selama kita yakin dan percaya serta terus berdoa kepada sang maha Cinta, maka tanpa mencoret-coret batu Jabal Rahmah-pun Kita pun akan dipertemukan dengan jodoh kita masing-masing, Insyaa Allah.

Jangan Mencoret Batu yak !!
Jangan Mencoret Batu yak !!

      Selain menjadi tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa, Jabal Rahmah juga menjadi tempat bersejarah bagi perjalanan Nabi Muhammad saw. Di Bukit ini, Nabi Muhammad saw menerima wahyu terakhir dari Allah, sekaligus penyempurna ajaran Islam.

    Puas berada di Puncak bukit, saya turun dan kembali ke Bus. Sebelumnya saya berfoto dulu dong…, dengan latar belakang Bukit yang menjadi tempat bertemunya 2 sejoli yang mencari cinta ini. Di Bus sudah banyak jama’ah yang menunggu. Dan menunggu beberapa lama lagi  setelahnya karena Ada satu orang lagi yang tersesat. Makanya Pak, jangan selalu berpisah dari rombongan kalau gak tahu jalan. Hampir Sejam rombongan harus menunggu di dalam Bus, baru akhirnya Bus berangkat ke tempat penting selanjutnya yaitu Mina dan Tan’im. Tan’im juga tempat untuk mengambil Miqat, bagi orang yang berada di Mekkah atau Langsung Mekkah dahulu, untuk melaksanakan Ibadah Umrah.

Iklan

14 comments on “Kisah di Balik Jabal Tsur dan Jabal Rahmah

  1. Subhanallah :’ bismillah, semoga aku bisa kesana juga :’

    Suka

  2. Trus nama siapa yang disebut di jabal rahmah ini? uhuk

    Suka

  3. Berdoa minta jodoh gak mas :D, udah disebutin namanya belom..
    Bismillah semoga bisa nyusul seperti panjenengan 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • Berdoa dong mas… , namanya disebutin juga. Bahkan sempet nulis tapi tulisannya gak kentara karena aku nulisnya pake batu hahahak, jadi munculx cuma ukiran gak jelas, takut ngotorin batu2 yg ada disana.
      Amiiin insyaAllah… bisa

      Suka

  4. Nise share cika’, lumayan buat referensi ibadah umrah bulan depan

    Disukai oleh 1 orang

  5. yang terbayang waktu ke Jabal Rahmah adalah … bagaimana dunia yang luas begini …. akhirnya adam dan hawa bisa bertemu disana …. memang sangat besar kekuasaan Allh swt
    btw …. mereka berdua adalah explorer pertama di dunia ya 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  6. umrohhajidiancahaya

    …Tulisan yang sangat informatif, terima kasih…

    http://goo.gl/GMHKMB
    http://goo.gl/Hr2Eh5
    http://goo.gl/dutgUK

    Suka

  7. Ping-balik: Mengenal Muhammad – Bukan Pajokka

  8. Ping-balik: Kaleidoskop 2016 dan Resolusi 2017 – Bukan Pajokka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: