BLOGVERSARY

Tiga Tahun (+Pengumuman Giveaway)

        Rasanya sudah menjadi hal yang wajib bagi saya untuk menulis uneg-uneg di setiap pertambahan usia blog bukan pajokka di khazanah per-blogg-ingan tanah air. Di tahun ketiga blog ini, saya mengadakan giveaway kecil-kecilan yang telah berlangsung mulai tanggal 1- 20 September 2017 lalu. Hadiahnya sederhana, kartu pos dari Jepang bagi para pembaca yang telah “sudi” memberi tanggapannya terhadap blog ini, baik berupa pujian, saran / masukan bahkan kritikan yang sifatnya membangun.

Berbagai tanggapan tentang blog ini memenuhi surel, eh gak sampai memenuhi deng, pesertanya saja gak sampai dua puluh heheh. Tapi cukup membuat saya senyum-senyum sendiri membaca surel pembaca satu per satu. Ada yang kata-katanya bikin terbang, ada juga yang bikin down. Campur aduk-lah pokoknya. Beberapa tanggapan itu akan saya rangkum dalam bentuk tanya jawab.

Apa itu Bukan Pajokka ?

Saya memulai blog ini dengan nama “lostourist” yang artinya Turis Kesasar. Sangat beda dengan pengalaman traveling saya yang jarang get lost di suatu tempat. Tak bertahan dengan nama itu, saya ganti dengan versi Bahasa Indonesia, Turis Kesasar. Nama ini lebih singkat lagi umurnya. Saya ganti dengan Fauzi Amiruddin, sesuai dengan nama saya. Lagi, saya memutuskan mengganti lagi dengan nama baru, Travelucky.

Pergantian nama yang berkali-kali itu berlangsung di tahun pertama blog ini. maklum, masih muda jadi labil. Travelucky termasuk nama yang bertahan lama, cukup lama hingga akhir 2015 tepat tahun baru 2016 saya memutuskan untuk mengubahnya menjadi Bukan Pajokka. Banyak yang menyayangkan perubahan nama tersebut, karena Travelucky sudah familiar bagi para pembaca, mudah diingat, keren dan pastinya go international. Lalu apa itu bukan pajokka ? Pajokka adalah Bahasa bugis dari kata Traveler. Jadi, Bukan Pajokka berarti Bukan Traveler. Lah ? travel blogger kok bukan traveler, jadi apa dong ?

Bagi saya, Traveler itu bukan hanya sekadar berjalan mengunjungi satu tempat ke tempat lain. mengunjungi tempat wisata ini dan itu, lalu pulang. Rasanya terlalu “lancang” menyebut diri sendiri Traveler, meski kita sendiri suka traveling. Traveler memiliki value tersendiri yang saya sendiri tak mampu untuk menjelaskannya. Itu menurut saya. Terlepas dari itu, di balik kata Bukan Pajokka, saya menyerahkan kepada pembaca yang menilai. Apakah saya sudah pantas disebut seorang Traveler atau bukan.

Saya menggunakan kata Pajokka yang berasal dari Bahasa Bugis Makassar tujuannya untuk mengenalkan identitas si pemilik sebagai orang bugis, sekaligus mengenalkan kata Pajokka kepada para pembaca. Jadi setelah ini jangan bertanya lagi, Pajokka itu apa.

Ciri Khas Blog ini apa ?

            Tanggapan tentang ciri khas blog ini membuat saya bingung sendiri. Selama ini ternyata saya belum mampu memberikan karakter terhadap blog ini, baik dari segi tempat yang dikunjungi maupun karakter penulisan tentang tempat yang saya kunjungi. Tidak seperti blog Obendon.com milik kak Olive yang dikenal memiliki ciri khas berkunjung ke Kuburan, atau blog Bama Harindabama.com yang konsisten membahas tentang tempat-tempat bersejarah dan bernilai budaya.

Untuk saat ini, saya akan tetap menuliskan tentang tempat-tempat yang sudah saya kunjungi, baik itu wisata kota berupa museum, taman hiburan, monumen, tempat ibadah, moda transportasi atau wisata alam berupa pantai, air terjun, danau, pedesaan, dan desa adat. Baik yang dalam negeri, maupun yang luar negeri. Saya masih akan tetap memadukan semuanya, meski jika diperhatikan lebih dalam, blog ini kebanyakan membahas tentang wisata kota, kunjungan ke Masjid yang paling banyak. Karakter blog belum kelihatan, biar waktu dan pengalaman yang menjawab. Namun jika ditanya, saya paling suka kemana kalau lagi traveling ? ke tempat yang menjadi landmark tempat tersebut.

Tampilan Blog ini keren, pakai Tema apa ?

            Salah satu tanggapan yang bikin hati saya berbunga-bunga adalah pujian terhadap tampilan tema yang saya gunakan untuk blog ini. it means, tidak sia-sia saya membeli tema berbayar yang lumayan mahal untuk blog ini, toh ternyata tampilannya memuaskan mata para pembaca, memudahkan para pembaca mencari kategori tulisan yang diinginkan, dan warna yang simpel yang terlihat elegan. Ini bukan kata saya ya, jadi jangan muntah.

Selain sering gonta-ganti nama, saya juga sering gonta-ganti tema. Saya sering bosan, dan tidak ingin disamai. Makanya ketika saya melihat blog lain yang menggunakan tema yang sama dengan blog saya, saya buru-buru mencari tema lain yang beda dan cocok untuk diterapkan di blog saya. Bagi saya tema itu sangat penting. Ketika orang berkunjung ke blog, sebelum membaca konten yang kita miliki, mereka akan melihat tema atau tampilan blog kita terlebih dahulu. Sebagai pembaca, saya akan kurang tertarik dengan blog yang tampilannya biasa saja meski konten mereka bagus.

Sebagai bocoran, tema blog yang saya gunakan adalah Nikau, tema berbayar milik wordpress. Sebelumnya saya menggunakan Tema Rowling. Jangan diikuti yak, hehehe. Saya memilih Nikau karena opsi tema-nya yang beragam, aturan postingan yang berada di beranda tidak monoton, dan tema ini menyediakan konten slider, salah satu kriteria tema impian saya.

Berapa kali Ngepost dalam sebulan ?

Akhir 2016 lalu, saya sempat konsisten menerbitkan tulisan setiap pekan dalam sebulan. Namun awal 2017, frekuensi ngepost saya menurun menjadi sekali dalam sebulan. Hal ini karena kesibukan saya sebagai mahasiswa akhir, mengikuti KKN dan menyusun skripsi. Apalagi waktu KKN yang berlangsung februari sampai april saya ditempatkan di daerah fakir jaringan. Sehingga saya benar-benar harus absen dari khazanah perbloggingan tanah air saat itu. Saya hanya bisa ngeblog saat saya pulang ke Makassar beberapa hari.

Mulai Oktober, saya akan mencoba menerbitkan tulisan secara teratur lagi. Saya akan menerbitkan tulisan setiap hari Minggu, kecuali tulisan yang berkaitan dengan hari-hari tertentu, misalnya tulisan tentang hari pahlawan, maka akan diterbitkan bertepatan dengan hari pahlawan, tulisan tentang tahun baru, ya diterbitkan bertepatan dengan tahun baru. Saya juga akan membagikan tulisan lewat fanpage Bukan Pajokka. So, stay tuned on Sunday ya teman-teman.

Kenapa selalu kelamaan Latepost-nya ?

Ketika saya menerbitkan tulisan tentang suatu kota, misalnya tentang Jakarta, banyak yang mengira saya sedang berada di Jakarta saat itu, padahal saya berada di Jakarta beberapa bulan sebelum saya menerbitkan tulisan itu. Atau tentang Visa Jepang kemarin, banyak yang mengira saya belum berada di Jepang.

Ketika saya ngetrip, saya jarang membawa laptop sehingga saya tidak pernah ngeblog sambil ngetrip. Saya akan mulai menulis sekitar satu minggu setelah saya pulang ngetrip, itupun tulisannya tidak langsung diterbitkan karena masih banyak tulisan tentang ngetrip sebelumnya yang masih menunggu di draft. Itu sebabnya latepostnya selalu kelamaan, ada yang sampai satu tahun setelah ngetrip selesai baru tulisannya bisa diterbitkan. Tapi nantinya diusahakan tidak akan kelamaan latepostnya.

Sudah kemana saja ?

Silahkan liat Destinations di menu utama blog ini, disitu ada daftar negara dan provinsi yang sudah saya kunjungi. Doakan ya mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi. Ohiya, resolusi 17.06.95, mengunjungi 6 negara telah tercapai loh. Kini fokus pada jumlah provinsi di Indonesia dan kota di dunia.

Kapan beralih ke bukanpajokka.com ?

Saya belum bekerja, saya belum punya kartu kredit, keluarga saya tidak ada yang punya kartu kredit, saya maunya tetap beli domain di wordpress yang harganya 35 dollar dan saya tidak mau beli vcc lagi, mahal. Barangkali ada yang mau membantu bukanpajokka untuk beralih ke dotcom ?

Itulah beberapa tanggapan yang diulas dalam bentuk tanya jawab. Terima kasih atas  partisipasinya teman-teman. Mudah-mudahan blog Bukan Pajokka semakin sukses ke depannya.

Berikut 10 Pembaca yang berhak mendapatkan Postcard dari Jepang

  1. Rahma Wakib @rahmawakib
  2. Hendi Setianto @hendisetianto
  3. Matius Teguh Nugroho @nugisuke
  4. Sri Wulandari @wulan_mattemmu
  5. Ahmad Fawaz @globetrippers.id
  6. Intan Purnamasari @ntanpurnamasari
  7. Suriyanti @anthy_r03
  8. Adilah @dhillailla
  9. Fikri Zulhimmah @frizulh
  10. Ramzy @anzhy97

Selain postcard dari Jepang, ada juga kuis menebak negara yang saya kunjungi setelah ke Jepang. Jawabannya adalah : Taiwan, dan pemenangnya adalah :

  1. Rahma Wakib @rahmawakib
  2. Hendi Setianto @handisetianto

Selamat kepada para pemenang, tunggu giveaway selanjutnya hadiahnya akan lebih menarik

Happy blogversary Bukan Pajokka

Iklan

7 comments on “Tiga Tahun (+Pengumuman Giveaway)

  1. Wah blog kita seumuran. Selamat ya kak, semoga terus jaya di udara 🎊🎁🎉

    Suka

  2. jadi nama Pajokka itu kaka adikan sama nama NDAYENG wkwkw.
    oh ya, tampilan tema blogku juga sering gonta-ganti, yang saat ini memang terlalu sederhana tapi aku suka yang sederhana, bersih, dan rapi gitu.
    btw aku menang ya? hahahaha dapet 2 kartu pos, eh ditambah souvenir khas sulses apaan gitu, kemaruk….
    selamat ya udah 3 tahun, berasa kembaran sama blog NDAYENG, sama2 3 tahun, sama2 bulan september lahirnya, cuma beda tanggalnya saja…selamat-selamat
    oh ya…itu namaku yang bener Hendi Setiyanto hahaha

    Disukai oleh 1 orang

  3. Hehehe makasih udah dipilih, bro. Btw aku juga pake thetravelearn.com dan masih hosted di WordPress. Saat itu belum pake CC, aku pake punya temen.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: