SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Liburan ? Ke Bulukumba Yuk!

          Bulukumba, mendengar nama daerah ini rasanya sudah tidak asing bagi wisatawan. Bulukumba dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi andalan Sulawesi Selatan di bidang pariwisata. Bukan tanpa alasan. Bulukumba dikaruniai Pantai-pantai berpasir putih yang Indah. Bukan Cuma pantai, Bulukumba juga memiliki budaya yang unik dan memikat. Tidak salah, Bulukumba menjadi daerah wisata yang sangat populer di Sulawesi Selatan.

Ada banyak tempat wisata yang ada di Bulukumba, namun kali ini saya hanya akan merekomendasikan 6 Tempat wisata yang ada disana. Cekidot

Pantai Tanjung Bira

pantai-tanjung-bira-1
sumber

            Pantai Tanjung Bira merupakan pantai yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, baik yang Lokal maupun Mancanegara. Karena sudah terkenal, Pantai ini termasuk pantai yang ramai dikunjungi. Wajar memang, keindahan pasir putih dan warna laut yang biru tosca sudah menjadi daya tarik Pantai Tanjung Bira sejak dulu. Hingga sekarang, pesonanya pun seakan tak pernah memudar. Pantai ini selalu ramai dan menjadi andalan meski Pantai-pantai baru yang tak kalah Indah di Bulukumba bermunculan seiring dengan meningkatnya tren Traveling di kalangan anak muda.

Pantai Bara

20150405_113342

            Jika kamu suka menyepi, dan ingin merasakan Pantai dalam ruang pribadi, melipirlah ke Pantai Tanjung Bara, atau sering disebut Pantai Bara saja. Sebut saja, Bara adalah saudara kembar Bira. Letaknya berdekatan, Keindahan pantainya sama. Meski Kembar, tetap saja ada yang beda. Bara cenderung sepi. Sangat sepi, meski disana juga terdapat resort yang dikelola investor asing. Akses menuju Bara pun masih buruk. Harus melalui jalan berbatu dulu.

Baca juga : Apparalang, Bara dan Tana Beru

Pantai  Apparalang

dscn0168

            Pantai Apparalang mulai populer tahun 2015 lalu. Kata orang, ini Raja Ampatnya Sulsel. Padahal penampilannya jauh sekali dari Raja Ampat. Meski patut diakui, Pantai ini termasuk unik karena berupa tebing karang dan tidak memiliki pasir pantai. Karena Tebing berbatasan langsung dengan laut. Jika hendak menuju Tanjung Bira, maka mampirlah terlebih dahulu di Pantai ini. Karena Pantai ini berbeda.

Letaknya masih satu kecamatan dengan Bira dan Bara. Jalan masuk ke pantai dilalui jika hendak menuju tanjung Bira, masih dalam jalan poros Tanjung Bira

Pusat Pembuatan kapal Phinisi, Tana Beru

dscn0281-copy

            Bulukumba dikenal dengan nama Butta Panritalopi, yang artinya Bumi Pembuat Kapal. Panrita sendiri memiliki arti  “ahli” atau “master di bidangnya”. Tidak salah memang, para pembuat kapal Phinisi yang sudah melegenda itu berasal dari Bulukumba. Pembuatan Kapal tersebut masih berlangsung sampai sekarang. Penasaran ? Kunjungi Tana Beru, jalan menuju ke desa ini pun berada di jalan poros Tanjung Bira. Jadi bayangkan berapa tempat menarik yang bisa dikunjungi jika kita ke Tanjung Bira.

Baca juga : Phinisi, Kapal Tangguh dari Tanah Sulawesi

Kawasan adat Ammatoa

dscn0078

            Kalau sudah bosan dengan pantai-pantai di Bulukumba, mari kita beralih ke pedalaman Bulukumba. Tepatnya di kecamatan Kajang. Ada sebuah kampung yang masih memegang adat dan tradisinya hingga sekarang. Namanya kawasan adat Ammatoa yang terletak di Tana Toa, Kajang. Masyarakat disini memiliki ciri khas memakai pakaian hitam dan tidak memakai sandal. Rumahnya pun unik karena jika kita masuk, maka kita akan menjumpai dapur terlebih dahulu. Penasaran ?

Baca juga : Menyusuri Kawasan adat Ammatoa

Islamic Centre Dato Tiro

DSCN0292

            Sudah berwisata budaya, kita jalan-jalan ke Ikon baru Bulukumba, Islamic centre Dato Tiro. Masjidnya keren dan megah. Nama Dato tiro berasal dari nama salah satu dari 3 pendakwah Islam yang berasal dari tanah minang, dato di tiro. Kemegahan Masjid ini menjadi salah satu ikon wisata religi di Bulukumba.

Baca juga : Mampir di Islamic Centre Dato Tiro

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata di Bulukumba untuk mengisi liburan tahun baru kalian. Selamat Tahun Baru πŸ™‚

Iklan

56 comments on “Liburan ? Ke Bulukumba Yuk!

  1. keren-keren tempatnyaa…
    penasaran sama kawasan adat Ammatoa dan Pusat pembuatan kapan Phinisi, seru kayaknya.. hehe

    Disukai oleh 1 orang

  2. Itu kalau mau ke Ammatoa berarti kita juga harus siap-siap pakaian hitam dan trekking tanpa alas kaki ke sana ya? Bisa dikunjungi dengan bebas atau gimana Zi? #penasaran

    Disukai oleh 1 orang

  3. Tulisannya apik, foto2nya keren

    Disukai oleh 1 orang

  4. Duh Indonesia ku bejibun sekali yang nyegerin mata.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Wow Indonesia memang Indah

    Disukai oleh 1 orang

  6. Wah, kpn2 harus berkunjung kesini nih.. tahun lalu cuma sampe Jeneponto aja, makan coto kuda..

    Disukai oleh 1 orang

  7. Ga lg sama istri mksdnya..

    Disukai oleh 1 orang

  8. Kemarin ke sana, tapi belum sempat nulis ☺

    Disukai oleh 1 orang

  9. Duh jadi kangen Bulukumba. Lebaran tahun lalu ke sana dan menginap di Bara. Tenang bgt, beda dengan Bira haha

    Disukai oleh 1 orang

  10. Pantai Apparalang seems interesting, bro! Masih sepi dan belum banyak yang tahu ya. Mungkin disebut Raja Ampat-nya Sulsel karena airnya jernih berwarna hijau toska. Maklum ajalah sama orang kita, memang hobi menyama-nyamakan sesuatu meski agak maksa hahaha.
    Thank you infonya ya πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  11. Kangen bulukumba πŸ˜†, dan apparalang itu cakeepp, tp panasnya naudzubillah yaa, udah bagus belum jalan kesananya? Soalnya pas kesana itu masih banyak yg jelek jalannya.

    Disukai oleh 1 orang

  12. Menarik banget. Trims sudah berbagi cerita πŸ‘πŸ‘

    Disukai oleh 1 orang

  13. Di Jawa Tengah ada daerah yang namanya Bulakamba mas, mirip lah yaa sama Bulukumba tapi keadaanya berkebalikan 180 derajat, Bulukumba kerennya kebangetan, Bulakamba belum keren mas hehehe

    Disukai oleh 1 orang

  14. tanjung bira sudah ngak manja lagi, kapan lalu aku kesana kotor dan rame nya minta ampun, tapi apalarang nya mulai ngehitsss

    Disukai oleh 1 orang

  15. ijin posting..kk fauzi…

    Disukai oleh 1 orang

  16. Ping-balik: Liburan ? Ke Bulukumba Yuk! β€” Bukan Pajokka – tinta hitam

  17. Ping-balik: Liburan ? Ke Bulukumba Yuk! β€” Bukan Pajokka – monikajufdar

  18. mas kamu pake themes apa sih di WP ini. Gimana cara munculin di bagian akhir post ada nama mu itu yang diterbitkan oleh.

    Suka

  19. woww .. pantai2nya indah bener ya … sepi dan bersih.
    sekarang semakin terkenal dan semakin banyak pengunjungnya ya … mudah2-an tetap bersih … kalau kotor ga asyik lagi

    Disukai oleh 1 orang

  20. Pengen banget ke Bulukumba..terlebih snorkeling di tanjung bira dan pulau kambing. Kalo pantai sih saya sukanya yg snorkelingable hehe

    Disukai oleh 1 orang

  21. Tulisannya bagus,
    tapi tmpat wisatanya kurang, masih banyak tempat yang indah di Bulukumba πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  22. Ping-balik: Liburan ? Ke Bulukumba Yuk! | rikautami stories

  23. KAYAKNYA OKE JUGA NIH BUAT ALTERNATIF LIBURAN SAYA,TRIMS KANG

    Disukai oleh 1 orang

  24. udah pernah ke bulukumba juga keren

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: