SULAWESI SELATAN - INDONESIA

6 Hal yang bisa dilakukan di Soppeng

Soppeng, kabupaten ini terletak di tengah-tengah provinsi Sulawesi Selatan, dikelilingi pegunungan membuat daerah ini memiliki hawa yang berbeda dengan daerah lain. Kalau ke Soppeng bisa ngapain aja ?, mungkin hal itu yang menjadi pertanyaan orang jika diajak ke Soppeng. Tenang, berikut ini ada 6 Hal yang bisa dilakukan jika berkunjung ke Soppeng.

Wisata Sejarah di Villa Yuliana IMG_20160627_172843 Pertama, jelajahi kotanya. Salah satu yang sangat recommended jika ke Kota Watansoppeng adalah berwisata sejarah di Villa Yuliana. Bangunan bergaya eropa dan Bugis ini memiliki nama resmi Museum Latemmamala. Terletak di pusat kota Soppeng, dekat dengan Masjid Raya. Letaknya yang berada di ketinggian membuat kita bisa melihat pemandangan Kota Watansoppeng dari pelatarannya. Selengkapnya baca : Soppeng, Europe Van Celebes

Menyaksikan Kelelawar di Kota Watansoppeng

Pohon Asam yang dipenuhi Kelelawar
Pohon Asam yang dipenuhi Kelelawar

Soppeng dikenal dengan nama Kota Kalong. Julukan ini bukan tanpa alasan. Entah sejak kapan, ribuan kelelawar sudah bersarang di Pohon asam yang ada di Pusat Kota. Di Pagi hingga siang hari, kita bisa melihat mereka bergantungan di pohon. Dan menjelang Magrib mereka mulai beterbangan memenuhi langit Kota. Dengan munculnya kelelawar tersebut, beraneka mitos mulai muncul, seperti jika terkena kotoran Kelelawar, maka jodoh kamu adalah orang Soppeng, atau jika kelelawar tersebut tiba-tiba meninggalkan soppeng, maka akan terjadi sesuatu di daerah tersebut. Kelelawar ini sudah menjadi ikon Soppeng, jadi jangan lewatkan momen ini.

Berendam Air Panas di Lejja

Lejja
Lejja

Salah satu objek wisata yang melegenda di Soppeng adalah Pemandian Air Panas Lejja. Tempat wisata ini terletak di Desa Bulu kecamatan Mario Riawa. Jaraknya 14 Km dari jalan Poros Sidrap-Soppeng, atau 44 Km dari Kota Watansoppeng. Tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60 derajat celcius yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal, Jerawat, rematik dan lain-lain, karena menurut penelitian terdapat kandungan sulfur dan belerang di kawasan ini. Setau saya, tidak ada transportasi umum yang bisa membawa wisatawan ke permandian ini, jadi disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Melihat berbagai Rumah Adat Etnis Se-Sulawesi Selatan di Rumah Adat Sao Mario

Rumah Adat Sao Mario
Rumah Adat Sao Mario

Di Soppeng juga terdapat Taman Mini Sulawesi Selatan. Layaknta Taman Mini Indonesia Indah yang memamerkan berbagai macam rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia, Kawasan Rumah adat Sao Mario juga demikian. Namun rumah adat yang ada hanya mewakili etnis atau suku yang ada di Sulawesi Selatan kala itu. Seperti Rumah adat Bugis, Makassar, Mandar, Luwu dan Toraja. Kawasan Wisata Rumah Adat Sao Mario terletak di jalan poros Sidrap-Soppeng. Tepatnya di Batu-batu, ibukota kecamatan Marioriawa.

Mencicipi Tape

Tape
Tape

Daerah Bugis khususnya Kabupaten Soppeng, memiliki ย Dessert yang bernama Tape (Tapai). Tape sendiri merupakan kudapan hasil fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi. Di Sulawesi selatan, substrat ini biasanya beras ketan. Ragi untuk fermentasinya merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (jamur).

Melihat Buluโ€™ Dua yang Unik

Bulu Dua, dari Lereng Hijau (Sumber)
Bulu Dua, dari Lereng Hijau (Sumber)

Bulu Dua adalah Gunung batu yang populer di Sulawesi Selatan. Letaknya di Jalan poros Soppeng-Pekkae. Bulu berarti Gunung, Dua Berarti Dua. Ini dikarenakan Bulu Dua merupakan dua gunung yang berdampingan. Bentuknya menyerupai, ehem. Pemandangan menakjubkan Bulu Dua bisa dinikmati di Taman Wisata Lereng Hijau Bulu Dua.

Logistik

Dari Makassar menuju Soppeng bisa ditempuh selama 4 Jam dengan Mobil Kijang/Panther, transportasi antar kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan selain Bus. Tidak ada bus menuju Soppeng. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat banyak Hotel di Kota Watansoppeng seperti Hotel Kayangan, Hotel Parbet, Hotel Ada dan Hotel Makmur.

Itulah 6 Hal yang bisa dilakukan di Soppeng. Sebenarnya masih banyak objek wisata yang ada di Soppeng, Tapi hanya 6 ini yang baru saya lakukan. Lumayanlah buat referensi. Jadi sudah siap eksplor Soppeng ?

Iklan

15 comments on “6 Hal yang bisa dilakukan di Soppeng

  1. ideal perlu trip berapa hari untuk ke semua lokasi tersebut?

    Suka

  2. Wah Soppeng keren banget ya, banyak objek wisata yang menarik. Saya juga pengen mengunjungi Vila Juliana itu, sepertinya masih terjaga dalamnya. Cocok didirikan vila di sana, apalagi daerahnya terbilang sejuk. Terima kasih buat rekomendasinya ya Mas, mudah-mudahan suatu hari nanti ada rezeki untuk bisa ke sana, amin.

    Suka

  3. Wiih tawwaa Soppeng, lumayan banyak ji tempat yang bisa dikunjungi untuk wisataaa.. keren

    Suka

  4. Liburan minimalis untuk yg berkantong tipis

    Suka

  5. Wah, dari Makassar sebenarnya tidak jauh juga ya, 4 jam perjalanan. Hmmm, dulu waktu ke Sulawesi Selatan dengan waktu terbatas cuma seminggua, jadinya mindsetnya ke wisata-wisata populer yang mainstream, dan belum terlintas Soppeng di otak hahaha. Mungkin someday ya ๐Ÿ™‚

    Suka

  6. Indonesia banyak banget tempat wisata menarik … apalagi daerah yang belum banyak terekpose seperti Soppeng.
    Saya suka banget arsitektur Villa Yuliana … kerennn

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: