PAPUA BARAT - INDONESIA

Mengulas Teluk Bintuni

         Sekitar pukul 03.00 dini hari, saya meninggalkan Makassar menumpangi Pesawat Sriwijaya Air menuju kota Sorong, dan tiba saat kota ini telah bermandi cahaya. Ini adalah kali kedua saya ke Kota ini, yang pertama 4 tahun lalu, dan kunjungan saya ini juga gratis. Pulang dan pergi dibiayai oleh pihak yang memanggil saya kesini. Lucky Me !!… heheh. Sesampai di Sorong, saya dan beberapa teman diantar ke rumah pihak yang memanggil untuk beristirahat sebentar karena perjalanan masih berlanjut. FYI, Saya ke Sorong lagi memang dipanggil untuk ikut dalam sebuah lomba. Makanya, transport Pulang dan pergi serta akomodasi selama disana ditanggung oleh pihak yang memanggil itu. Lombanya Rahasia…. Heheh.

            Setelah beristirahat, sekitar pukul 19.00 waktu Indonesia timur, saya dan sekitar 40-an peserta berangkat dari sorong menuju Teluk Bintuni. Lokasi kegiatan lomba itu akan berlangsung Selama kurang lebih satu Minggu.

Mengenal Teluk Bintuni

            Teluk Bintuni masih asing di telinga saya. Kalau di Papua Barat sendiri, yang paling masyhur adalah Raja Ampat yang terkenal dengan gugusan pulau Karstnya yang keren. Awalnya malah saya tidak tahu kalau Teluk Bintuni itu adanya di Papua. Kirain di Maluku.. heheh. Teluk Bintuni adalah Salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat. Luasnya 18.114 Km2, atau meliputi 13% wilayah provinsi Papua Barat. Dan Ibukota Kabupaten ini adalah Bintuni.

            Dari Sorong, Saya dan peserta lainnya menuju Teluk Bintuni dengan Kapal Laut yang sudah disewa khusus untuk para peserta. Waktu tempuh dengan kapal laut ini sekitar 15-16 Jam perjalanan. Bisa juga dengan menggunakan pesawat jenis  , yang waktu tempuhnya jauh lebih singkat. Untuk perjalanan Darat, Teluk Bintuni bisa dijangkau dari Kota Manokwari selama 8 Jam. Kalau dari Kota Sorong saya kurang tau, apakah jalanan dari sorong terkoneksi ke Teluk Bintuni.

IMG_1762

IMG_1761

            Saya sampai di Teluk Bintuni sekitar pukul 15.00 WIT. Disana masyarakat setempat melakukan penyambutan yang cukup meriah dengan tari-tarian khas papua. Anak-anak maupun orang tua, semuanya terlihat antusias. Selain itu, Pimpinan rombongan juga disambut secara resmi dengan pengalungan buah pinang, salah satu buah yang menjadi cemilan yang digemari orang papua.

Kota Bintuni

            Kota Bintuni adalah Ibukota Teluk Bintuni. Di Kota inilah Lomba akan berlangsung. Dilihat dari Infrastrukturnya, Kota ini sedang giat-giatnya membangun. di Kota Bintuni terdapat  Taman Kota, banyak Gereja Katedral dengan arsitektur megah, serta Tugu-tugu seperti Tunggu Bangkit Bintuniku, Tugu 3 Pilar, Tugu Tuju Suku, Tugu Bintuni (tugu yanga da di lambang daerah). Semuanya merupakan tempat andalan yang bisa dikunjungi di Kota Bintuni.

IMG_3482

IMG_3299

Transportasi di Kota Bintuni juga terbilang sudah sangat  baik, karena terdapat Angkutan Umum bernama AMB Yaitu angkutan masyarakat Bintuni berupa Bus dan Angkot yang siap mengangkut masyarakat Bintuni.

IMG_3291

IMG_3490

Masyarakat Teluk Bintuni : 7 Suku Lokal

Jumlah penduduk Kabupaten Teluk Bintuni saat ini sekitar 52.403 orang, sebagian besarnya bertumpu di Kota Bintuni. Masyarakat asli Teluk Bintuni sendiri terbagi lagi atas 7 Suku asli yaitu : Suku Irarutu, Wamesa, Sebyar, Sumuri, Kuri, Soub, dan Moskona. 7 Suku inilah daya tarik kebudayaan dari Kabupaten Teluk Bintuni.

IMG_1964

Itulah ulasan singkat mengenai Teluk Bintuni. Belum banyak tempat wisata yang diekspos disana, tapi boleh jadi beberapa tahun yang akan datang daerah ini akan setenar Raja Ampat.

Iklan

4 comments on “Mengulas Teluk Bintuni

  1. eksotis ya mas orang-orangnya.. keren

    Suka

  2. Papua Barat identik dengan Raja Ampat ya. Saya pribadi malah tertarik dengan perjalanan ke pelosok kayak gini, bertemu orang-orang lokal dan mengakrabkan diri 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: