BUCKETLIST

Mimpi Indonesia : 6 Provinsi lagi !!

         Ini Bulan Juni ya ?, Waktunya bicara tentang mimpi-mimpi yang belum kesampaian. Di Resolusi saya, saya bermimpi mengunjungi 17 Provinsi di Indonesia. itu berarti setengah dari jumlah provinsi yang ada, yaitu 34 Provinsi.  Kalau mau dipikir-pikir, susah juga. Apalagi kalau mau pakai biaya sendiri, yang harus dicari sambil banting tulang. Maklum, kita bukan horang kayah. Anak orang kaya apalagi. Tapi, melihat pencapaian saat ini, resolusi saya menunjukkan Angka 11/17. 11 Provinsi !!, yang tersebar di seluruh pulau-pulau besar Indonesia. itu artinya tersisa 6 Lagi. Iya, 6 Lagi, dan resolusi 17 itu bakal sempurna. Kalau boleh memilih, kemana saya selanjutnya, maka 6 Provinsi yang ingin saya kunjungi untuk melengkapi resolusi saya adalah :

  1. Jawa Barat

            Dari kecil saya sudah jatuh cinta sama negeri yang satu ini. Apalagi sama Kota Bandung yang dikenal dengan julukan Parijs Van Java. Setiap lekuk, sudut dan penampilan kota ini saya sukai. Ingin rasanya mengeksplorasi Kota-nya, menyaksikan bangunan-bangunan tua-nya yang Nampak gagah mentereng, Mencicipi Kuliner-nya, hingga berbelanja di distro-distro yang ada disana. Apalagi saat ini, Kota Bandung sedang naik daun karena inovasi-inovasi dari Walikota-nya yang tiada henti.

Gedung Sate (Sumber)
Gedung Sate (Sumber)

Selain Kota Bandung, kota yang menjadi impian saya adalah Purwakarta dan Cirebon. Kedua kota tersebut juga menyimpan pesona tersendiri bagi saya.

  1. Nusa Tenggara Timur

            Labuan Bajo (Kab. Manggarai Barat), mulai merasuki benak saya saat saya mulai terjun kedua travel blogging dan blogwalking sana-sini. Dari beberapa travelblog yang saya kunjungi, saya akhirnya melihat cerita-cerita seru serta pemandangan indah yang disuguhkan daerah ini. Apalagi Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo yang terus terbayang-bayang. Pulau Komodo, Pulau Padar dengan lansekapnya yang menakjubkan, Pulau Rinca dan Pantai-pantainya yang berwarna Pink, serta Wae rebo yang unik. Sungguh pemandangan alam yang membuat siapa saja jatuh cinta.

Pulau Padar (Sumber)
Pulau Padar (Sumber)

Selain itu, kota-kota lainnya tak kalah memikat, Bajawa yang terkenal dengan Kopi-nya, Kupang, Ruteng, Larantuka, Atambua, dan Ende. Andai saya bisa mengunjungi semuanya.

  1. Sumatera Selatan

            Jembatan Ampera, adalah jembatan yang paling Ikonik di Indonesia. Siapa saja yang melihatnya pasti tahu kalau itu ada di Palembang. Kalau gak tau, keterlaluan bodohnya. Palembang Ibukota Provinsi Sumatera Selatan, dan saya bermimpi kesana. Belum lagi kuliner khas-nya, Pempek. Sudah sering saya mencicipi kuliner yang satu ini. Tapi kurang lengkap rasanya kalau memakannya bukan di Palembang.

Jembatan Ampera (Sumber)
Jembatan Ampera (Sumber)
  1. Bali

            Kalau di Indonesia, Pulau yang paling populer di kalangan wisatawan asing pada umumnya adalah Pulau Bali. Dan Hingga saat ini, Bali menjadi wisata paling mainstream di Indonesia. meski begitu, Pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini masih menyimpan pesona tersendiri. karena, semakin hari, semakin banyak destinasi-destinasi baru yang ditemukan. Kekayaan Budaya Bali juga menyimpan pesona tersendiri di kalangan wisatawan. Karena saya juga gak mau ketinggalan, saya ingin mengunjungi Bali.

Pura di Bali (Sumber)
Pura di Bali (Sumber)
  1. Sulawesi Tengah

            Entah kenapa, saya tiba-tiba saja ingin ke Kota Palu. Mungkin karena dekat, mungkin juga yang jadi walikota Pasha Ungu #ehh. Meski belum banyak yang mengekspos keindahan alam dan kota yang ada disana, tapi Kota Palu, Kepulauan Togean dan Kota Luwuk membuat saya penasaran.

Jembatan Palu (Sumber)
Jembatan Palu (Sumber)
  1. Kalimantan Barat

           Ketika perayaan Imlek berlangsung, Kota di provinsi ini menjadi salah satu tempat perayaan imlek yang paling meriah di dunia. Kota Singkawang, kota yang didominasi etnis tionghoa ini memang sangat menarik untuk dikunjungi apalagi pada saat imlek. Selain itu, Kota Pontianak juga sudah menjadi impian saya sejak kecil.

Salah satu klenteng di Singkawang (Sumber)
Salah satu klenteng di Singkawang (Sumber)

Itulah mimpi Indonesia saya. Mudah-mudahan tercapai semuanya. doakan ya, mumpung bulan Ramadan.


karena semua-nya mimpi, maka gambar di atas bukan milik saya, disertakan dengan sumber. yang keberatan bisa memberika komentar di kolom komentar.

49 comments on “Mimpi Indonesia : 6 Provinsi lagi !!

  1. Aamiin!! Semoga tercapai!

    Suka

  2. Semoga terkabul, jadi pramugara aja mas.
    Bisa Nulis, jalan-jalan dibayar & nginep di hotel mewah

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ah setidaknya kita punya mimpi yang sama, menjelajahi Indonesia :)Ah setidaknya kita punya mimpi yang sama, menjelajahi Indonesia 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  4. Wah, selamat bermimpi!
    Tinggal Allah yang menunjukkan jalan-Nya satu persatu.
    Bismillah tercapaaaai! 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  5. waduh, resolusinya seremmm… hahaha.. semoga terwujud masbro!

    duh, Indonesia saya masih banyak PR nih, hahaha

    Disukai oleh 1 orang

  6. NinaFajriah

    Ditunggu di Palembang ^_^

    Disukai oleh 1 orang

  7. Hayo hayooo ke Palembang. Tak kutuk jadi pempek lenjer kalo gak kontak aku ya hahaha. Hayo backpacking aja, nginep di rumahku. Gampaaang.

    Disukai oleh 1 orang

  8. Mimpi adalah kunci bro. Semoga tercapai 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  9. Travelling Addict

    Hmm… semoga aja ya semoga bs.. amin

    Salam kenal dr blogger ala2

    Disukai oleh 1 orang

  10. ke sumbar juga bang.. mantap tuh..

    Disukai oleh 1 orang

  11. Berarti udah banyak yang dikunjungi ya mas. Semoga sisanya dapat segera tercapai ya 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  12. Semoga kesampaian yach Fauzi. Jadi terinspirasi buat mimpi yang sama dengan mu. Kalau dipikiri-pikir ternyata masih banyak propinsi yang belum aku jelajahi. Mulai dech buat ancang-ancang.

    Suka

  13. wah mantap nih udah mau 17 aja, ayo main ke bandung haha

    Disukai oleh 1 orang

  14. wah saya sudah pergi berapa provinsi ya … kayaknya belum 11 deh
    kalah set … ya paling tidak saya sudah sering ke bandung 😀

    Suka

    • Hahaha seandainya saya urang jawa… pasti udah sering k bandung mas. Apalagi transportasi disana mudah, gak kayak disni. Belum ada K.A mas… hiks

      Suka

  15. labuan bajo dan sumsel yang kayaknya tidak mudah kesana pertimbangan pesawatnya harus 2x nyambung dari makassar. kalo saya pengen touring di sumatra, pengen ke labuan bajo, pengen ke singkawang lanjut ke malaysia dan brunei naik bus.

    Suka

    • Hahaha itulah kendalanya…. kalau kesana lumayan mahal…. ajakin dong mbak kalau mau ke singkawang trus ke brunei pengen…. *kalau ada duit

      Suka

      • insya allah panjang umur..saya kendala di waktu, jadi kalo bisa libur 5-6 hari saya masih prioritas pergi ke tempat yang paling ingin dikunjungi…

        Disukai oleh 1 orang

  16. Jangan lupa kalau ke Jawa Barat mampir ke Bogor dong kakak 😉

    Suka

  17. Albiansyah

    Gak melulu harus jadi ‘orang kaya’ atau ‘anak orang kaya’ kok.

    Alternatif kalau mau sering jalan2 gratis, mungkin bisa coba jajal profesi jurnalis. Lumayan bisa pelisiran sambil penugasan ke luar kota. Hehee! Kalau nggak, jadi travel blogger juga bisa. Banyak temen2 yang dapet sponsor buat jalan2 gratis tuh.

    Good luck! Semoga sisa mimpinya tercapai semua 😉

    Suka

  18. weibullgamma

    Alahamdulillah, Sudah 33 (meskipun di Jayapura cuma transit 2 jam)
    hahahah
    mudah-mudahan tahun depan bisa tamat yang ke 34 (Maluku Utara)
    Semangat ya, mudah2an tercapai juga 34 🙂

    Suka

  19. Ping-balik: Bandung : Sebuah Perjalanan Impian – Bukan Pajokka

  20. weibullgamma

    Selesai 34 provinsi 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

