TRAVELBLOGGER

Interest dan Karakteristik Travel Blogger Indonesia

    Traveler adalah sebutan bagi orang yang suka jalan-jalan. Jika mereka  juga memiliki hobi menceritakan perjalanan mereka lewat media blog, maka mereka tidak hanya disebut Traveler, tetapi Travel Blogger. Sehingga Travel Blogger itu bukanlah Traveler biasa. Begitu pula sebaliknya dengan orang-orang yang memiliki hobbi ngeblog, mereka hanya disebut blogger. Tetapi jika mereka traveler, lalu cerita yang dimasukkan juga cerita tentang traveling, maka mereka disebut Travel Blogger. Sehingga Travel Blogger bukan Blogger biasa. Jadi Travel Blogger itu, bukan Traveler sekaligus bukan Blogger biasa. #eaa

05.11.13.wj.flickr.giorgiomontersino.travelblogging_582_437
sumber

Sekarang ini hobby traveling memang sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Bukan Cuma yang muda-mudi saja yang suka traveling, tetapi yang tua juga. Selain itu, tujuan traveling juga sudah bermacam-macam, selain untuk hiburan, traveling jugabisa menjadi media belajar. Banyak pelajaran yang bisa diambil ketika seseorang traveling. Entah itu belajar sejarah, belajar budaya, bahkan belajar mengenali dirinya sendiri. Selain belajar, tak ayal, Traveling terkadang menjadi ajang pamer. Pamer sudah kemana saja. Pamer masih positif sih kalau ditujukan untuk promosi. Tetapi untuk mencapai tingkat kesombongan…, itu sudah terlalu. Tapi, disini saya sedang tidak ingin menceramahi. Karena apapun Tujuan orang untuk traveling, itu hak mereka, konsekuensi yang terjadi di kemudian hari, mereka sendiri yang menanggung.

Meski sudah kebanyakan orang suka Traveling, tetapi interest setiap orang dalam memilih tempat wisata ternyata berbeda-beda. Nah, Interest travel blogger dalam memilih tempat wisata bisa dilihat dari blog mereka. Karena interest atau ketertarikan mereka memiliki pengaruh besar kepada style travel blog yang mereka miliki. Jika seorang Travel blogger adalah seorang pecinta alam. Maka kebanyakan konten blog mereka adalah berkaitan dengan  wisata alam, walaupun mungkin mereka juga membahas tentang wisata kota di blog mereka.

Di Post ini, si Bukan Pajokka akan mengklasifikasikan traveler berdasarkan Interest mereka, dan memasukkan siapa saja travel blogger yang termasuk dalam kategori tersebut.

Yang pertama, kategori Traveler berdasarkan Wilayah Tempat wisata

  1. Internasional

Untuk yang hobby keluar negeri, saya memberikan istilah World Traveler. Kategori ini ditujukan bagi para traveler yang traveling keluar negerinya sudah berkali-kali. Bahkan frekuensi jalan-jalan keluar negeri mereka sudah lebih banyak dari jalan-jalan mereka di negeri sendiri, tapi bukan berarti mereka tidak cinta negeri sendiri yak.  Travel Blog yang expert dalam aspek ini adalah Dua Ransel, PergiDulu milik Adam dan Susan, Backpackstory milik Ariev Rahman, What an amazing World punya Kak Bama, dan masih banyak lagi.

  1. Domestik

Kategori ini ditujukan kepada traveler yang lebih fokus traveling di negeri sendiri ketimbang keluar negeri. Alasannya bermacam-macam. Bisa jadi karena lebih cinta dengan apa saja yang ada di Negerinya sendiri, bisa jadi juga karena alasan yang LAIN. Karena penulis disini orang Indonesia, maka domestik yang kita maksud adalah Indonesia. dan sebutan untuk traveler dalam kategori ini adalah Indonesia Holic atau Indonesia Lover. Meski mereka lebih suka destinasi dalam negeri, bukan berarti mereka tidak pernah atau tidak mau keluar negeri. Mereka mungkin akan keluar negeri, tetapi sebatas negara-negara tetangga saja. Travel Blogger yang masuk dalam kategori ini adalah Indonesiaholic milik kak Akbar, Papan Pelangi milik kak Rifqy, Backpacker Borneo, atau AlamasEdy, atau Jejak BocaHilang yang Indonesia banget.

Kategori Traveler berdasarkan Tempat dan Jenis Wisata

1.Kota

            Wisata kota memang sangat menarik untuk ditelusuri karena setiap kota memiliki karakteristik yang berbeda. Apalagi beberapa unsur pendukung pariwisata di kota memang lebih tersedia dan lebih mendukung. Misalnya aksesibilitas, seperti jalan raya, bandara dan transportasi. Sedangkan daya tarik, kota hampir memiliki semua atraksi tersebut. Banyak hal yang menjadi daya tarik wisata kota seperti Balaikota, Monumen, Pasar, Kuliner, Museum, Alun-alun bahkan Jalan Kota-pun dapat menjadi daya tarik wisata kota. Saya termasuk penikmat wisata kota. Nah, untuk kategori Wisata Kota ini, traveler yang termasuk di dalamnya dapat kita istilahkan City Explorer. Travel Blog TheTraveLearn, Backpackstory, DanSapar, Trip To Trip, dan Tindak Tanduk Arsitek adalah travel blog yang banyak membahas tentang wisata kota.

Dalam wisata kota, Interest para traveler terbagi-bagi lagi. Ada yang lebih suka aspek Sejarahnya, ada juga yang suka Tata Kotanya, Kulinernya, Hiburannya, serta Budaya dan Religinya. Kalau saya sendiri, masih dalam kategori pecinta wisata kota secara umum, karena saya masih suka segala aspek yang ada dalam wisata kota ini.

a. Kuliner

            Setiap kota, kabupaten, bahkan setiap negara punya kuliner khas masing-masing. keaneka ragaman kuliner inilah yang membuat orang penasaran. Apalagi kalau bicara wisata kuliner, siapa sih yang gak suka makan-makan ?. Meski kebanyakan kuliner bisa dengan mudah didapatkan di Kota, bukan berarti di Pedesaan kita tidak bisa berwisata kuliner. Traveler yang lebih menitik beratkan interest mereka pada wisata kota dari sisi kulinernya ini bisa kita sebut Food Lover. Travel Blogger yang masuk dalam kategori ini adalah Main Makan milik kak Philardi Ogi, dan Blog Danan Wahyu milik Om Danan Wahyu Sumirat.

b. Belanja

            Siapa yang suka Belanja ?. Saya termasuk orang yang suka blusukan ke pasar-pasar tradisional atau pusat perbelanjaan ketika sedang traveling. Entah itu untuk membeli buah tangan, atau sekadar melihat kegiatan ekonomi #maklumanakekonomi. Untuk yang suka wisata kota dan menitik beratkan  aspek ini bisa kita sebut Shoppaholic. Princes Syahrini kelihatanya termasuk traveler jenis ini hehehe. Sayangnya, saya belum menemukan travel blogger yang kontennya menitik beratkan aspek ini, tetapi yang membahas tentang  beberapa lokasi wisata belanja bisa dilihat di blog TheTraveLearn milik kak Nugi. Di Blog ini pun ada yang membahas tentang itu kok.

c. Religi, Budaya dan Sejarah

            Bagi yang suka berkunjung ke Tempat-tempat ibadah (Masjid, Gereja, Vihara, Klenteng, Pura) Monumen, Museum, Candi, Festival Budaya, Kawasan Pecinan/ Arab/ India  kawasan multi etnis lainnya masuk dalam Kategori ini. Saya belum menemukan istilah yang tepat untuk traveler yang punya interest pada aspek ini (ada masukan ?). Travel blog yang kebanyakan kontennya berkaitan dengan aspek ini bisa dilihat di blog What An Amazing World milik Kak Bama, Jejak BocaHilang milik Halim, dan MyPassion milik Kak Olive. Blognya Kak Bart, BaRTzap juga banyak membahas tentang sejarah dan budaya. Apalagi cerita-cerita yang dari India, Thailand dan Nepal yang selalu bikin mupeng.

d. Hiburan / Entertainment

            Wisata hiburan ini ditujukan bagi para traveler yang suka ke tempat-tempat hiburan. Seperti Club malam, Alun-alun, Café, Mall, dan Theme Park. Belum tau apa sebutan untuk traveler yang interest-nya pada aspek ini. Travel blog yang masuk kategori ini mungkin blognya Puspa Siagian Authentic Happiness yang banyak membahas tentang rekomendasi café.

2. Alam

            Jika wisata  Kota menawarkan banyak atraksi menarik, bukan berarti wisata alam tidak menarik untuk dikunjungi. Bagi orang yang tidak suka hiruk pikuk kota dengan polusinya, maka Wisata Alam adalah pilihan terbaik. Karena Alam menawarkan keindahan yang tidak dimiliki wisata kota. Spot-spot Yang termasuk ke dalam wisata alam adalah Gunung, Pedesaan, Bukit, Air Terjun, Sungai, Hutan, Pantai, Pulau, dan Danau. Traveler yang interestnya pada wisata alam secara umum dapat kita istilahkan Nature Lover. Dan Travel Blog yang interestnya pada wisata alam adalah Wira Nurmansyah, Disgiovery milik kak Gio, dan AlamasEdy milik om Mas Edy Masrur. Tak lupa, Backpacker Borneo milik kak Indra Setiawan yang banyak mengekspose wisata alam di bumi borneo.

Para Traveler yang suka berwisata alam, terbagi lagi. Diantara mereka ada yang lebih cenderung lebih suka mendaki Gunung, atau suka ke pantai dengan banyak pilihan atraksinya, seperti Snorkling dan diving.

a. Gunung

            Semua yang suka mendaki gunung pastilah pecinta alam. Tapi tidak semua yang suka wisata alam adalah pendaki gunung. Mendaki gunung tidaklah gampang. Butuh kekuatan fisik yang lebih untuk bisa mencapai puncak, meski sekarang bukan Cuma pria saja yang gemar mendaki. Para wanita-pun berlomba-lomba menaklukkan puncak gunung. Saya terkagum-kagum saat membaca berita tentang Nyomi yang telah menaklukkan beberapa gunung dengan membawa anaknya, Max. saya sendiri malu karena belum pernah mendaki sekalipun, hiks. Sebutan untuk pendaki adalah Mountaineer. Dan Travel Blog yang interest-nya pada kategori ini bisa dilihat di Jalan Pendaki milik Acentris, Papan Pelangi milik kak Rifqy Faiza Rahman, dan Walter Pinem milik Walter.

b. Pantai, Pulau dan Laut

            Indonesia adalah negara maritim. Terdiri dari belasan ribu pulau, otomatis membuat Indonesia memiliki banyak pantai yang indah-indah, ples keindahan bawah lautnya yang tak kalah indah. Pastinya, banyak yang suka berwisata pantai, pulau dan segala macam yang berkaitan dengannya. Sebutan untuk pecinta Pantai Beach Lover. Dan Travel Blogger yang konten blognya kebanyakan wisata pantai adalah The Naked Traveler milik mbak Trinity. Yang banyak membahas pantai juga bisa dilihat di Blog Discover Your Indonesia milik Firsta. Tak Lupa blog The Spiffy Traveler milik Jonathan Bayu juga banyak menawarkan informasi wisata pantai dan alam bawah laut yang keren-keren.

Nah itu dia Klasifikasi Traveler / Travel Blogger berdasarkan Interest mereka dalam traveling. Kalau Blog Bukan Pajokka sendiri masih sering membahas tentang wisata kota di Indonesia dan beberapa negara tetangga, entah dari aspek Tata Kota, sejarah, budaya, kuliner, dan wisata belanja-nya. Tapi kalau ditanya lebih suka yang bagian mana, Bukan Pajokka lebih  suka di bagian Religi, Sejarah dan Budaya.

Nah, Kalau kamu masuk kategori yang mana ?


Segala istilah yang ada di atas hanya karangan semata, bukan istilah resmi 🙂

Iklan

35 comments on “Interest dan Karakteristik Travel Blogger Indonesia

  1. Klo aku masukkk kategori yang manaa yahh?*eh

    Disukai oleh 1 orang

  2. kalau aku masuk kategori campur campur 😀

    Suka

  3. Saya gado-gado Mas hahaha. Pokoke diniati belajar dan merefresh pikiran. Tapi, sebisa mungkin kita menuliskan pengalaman kita agar ada media berbagi dan sebagai pengingat 🙂

    Suka

  4. Gak ada dari satupun di atas. Random gak mendalam. Ugh. 😀

    Disukai oleh 1 orang

  5. Wah, makasih ya udah boleh numpang ngetop di tulisanmu 😀

    Bener, sisata kota itu lebih mudah karena akses transportasi umum, terus aku memang lebih suka mengamati bangunan, tata kota, dan kehidupan di dalamnya sih. Daripada cuma “lihat-lihat” alam atau mengamati binatang, hehehe.

    Mas Bama sama bang Bartian emang udah paling top kalau udah bahas sejarah suatu tempat atau kota. Ada satu lagi, teman sepermainan mereka juga, namanya James (blogger Hong Kong). Nama blognya PlusUltra.

    Disukai oleh 1 orang

  6. Kalau aku masuk “All the Above” boleh?

    Disukai oleh 1 orang

  7. Travelling sekarang ramai, kalo travelling semua nanti yang di rumah siapa. hihihihi

    Disukai oleh 1 orang

  8. Aku masuk yang tipe gado-gado haha. Sebagian orang bilang itu gak bagus, tapi aku menulis karena mau menulis, kadang terjebak sama satu tema juga bikin pusing jadi nggak nikmat lagi. Sama halnya dengan nama-nama yang disebut di atas, mereka juga sesekali lepas dari tema yang biasa melekat di mereka, but itu bagus-bagus saja 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • Saya emang gak bilang itu gak bagus, sesekali memang kita harus terlepas dari tema yg melekat supaya blog kita gak membosankan.
      Saya hanya mencoba menebak interest travelblogger dari blog mereka. Itu bisa dilihat dari postingan tentang apa yang paling banyak. Di Blog ini juga gado-gado sih om, ada tentang wisata kotanya, kulinernya, ada juga wisata alamnya Tapi kalau ditanya yg paling disuka bagian mana, maka saya suka wisata sejarah, budaya sama religi. Seperti itu.

      Suka

      • Hmm, kalau ke Palembang lebih tepat wisata kuliner ya. Hayo kapan ke sini? 🙂 kalo Alam, Palembang cuma adanya sungai, yang cakepan kudu ke pinggiran. Budaya, hmm okee tapi jangan bandingin sama di Jawa. Religi okelah banyak tempat ibadah tua di sini.

        Disukai oleh 1 orang

      • Tunggulah om…. nunggu saya banyak duit dulu ya. Soalnya duit yg ada mau dipake ke tempat lain dulu hahaha.

        Suka

  9. Ah sudah kuduga hahahaha

    Disukai oleh 1 orang

  10. Aku juga campur-campur nich. Hehehe.. Soalnya kepengennya banyak sich wkwkwk

    Suka

  11. Baru tahu ada namaku masuk di salah satu kategori. Terima kasih ya, Fauzi.
    Apalah aku ini hanya blogger yang senang berbagi saja, sungguh terharu bisa dikenal Fauzi 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  12. Kalau aku masuk kategori mana ya? Ada ga ya kategori bolak balik hotel hahaha

    Suka

  13. Keren nih ada klasifikasi interest, trims juga udah dijadikan salah satu referensi 🙂

    Tiap orang memang punya perspektif tersendiri, dan saya jadi kepikiran mau tulis tentang interest ini dari sudut pandang pribadi.. *nambahin PR sendiri meski belum tau kapan bakal ditulis, hahaha*

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: