MALAYSIA

Menjelajah Kuliner Malaysia

             Berkunjung ke sebuah daerah, kota atau Negeri tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas dari tempat tersebut. Karena setiap daerah punya kuliner dan cita rasa yang berbeda dan khas. Begitu pula Malaysia. Tetangga dekat Indonesia ini juga punya kuliner yang khas, meski mungkin hampir mirip dengan kuliner Indonesia, karena Indonesia juga masih ada melayu-melayunya, terutama bagian sumatera. Orang Bugis-pun masih memiliki budaya yang mirip dengan orang melayu. Meski hampir sama, Kuliner Malaysia pun masih memiliki cita rasa khas, yang paling tidak membuat saya rindu dengan Malaysia.

Nasi Lemak : Pembuka yang Sempurna

Nasi Lemak (source)
Nasi Lemak (source)

            Saya membuka pagi saya di Malaysia dengan sarapan Nasi Lemak. Nasi yang sudah dianggap sebagai makanan Nasional Malaysia tersebut memang harus menjadi yang pertama dicoba jika ke Malaysia, karena Nasi Lemak ini Makanan Khas nomor satu disana. Istilah Lemak yang ada pada nasi Lemak merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa. Santan kelapa ini melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi pada saat nasi ini ditanak. Jadi Nasi Lemak ini punya rasa yang sama dengan Nasi Uduk kalau di Indonesia. pun, beberapa daerah di Indonesia juga punya nama-nama berbeda untuk Nasi dengan rasa yang serupa, seperti di Jawa Tengah dikenal dengan nama Nasi Liwet, atau di Aceh dengan nama Nasi Gurih.

Nasi Lemak biasanya dihidangkan dengan Telur, yang direbus, didadar atau digoreng mata sapi, irisan mentimun, ikan teri, sambal cabai. Kadang juga ditambah tahu, tempe, atau daging. Dan yang paling utama, nasi Lemak ini dibungkus dengan Daun Pisang.

Nasi Goreng Ladna : Nasi Goreng Berkuah

Nasi Goreng Ladna
Nasi Goreng Ladna

            Goreng ?, Kuah ?, Goreng ?, Kuah ?. untuk apa pusing. Di Malaysia ada Nasi Goreng, tapi  pakai kuah. Nasi Goreng Ladna namanya. Nasi Goreng ini seperti nasi goreng kebanyakan, yang nasinya digoreng terlebih dahulu. Namun dalam penyajiannya, Nasi Goreng ini disirami kuah berisi sayuran seperti wortel, kol, dan kacang panjang, hingga terlihat nasi goreng ini seperti sup. Rasa kuahnya seperti kuah sup, hanya saja kuahnya sedikit kental. Dan rasanya unik dan enak. Salah satu makanan favorit saya di Malaysia.

Mee Hong Kong, Rasa Melayu

Mee Hong Kong
Mee Hong Kong

            Selanjutnya, ada Mee Hong Kong yang penyajiannya juga unik. Mie seperti Martabak Mie yang diberi kuah. Mie nya terlebih dahulu dimasak bersama telur, hingga Mienya menyatu menjadi seperti Martabak Mie. Lalu dicampurkan kuah yang juga telah dicampuri berbagai macam sayuran. Dan rasanya tak kalah enak !!.

Nasi Goreng Kampung : Selalu bikin Rindu

Nasi Goreng Kampung (source)
Nasi Goreng Kampung (source)

          Kalau ditanya apa yang bikin rindu sama Malaysia, maka salah satunya adalah Nasi Goreng Kampung. Salah satu kuliner khas Malaysia yang terkenal ini juga punya karakter sendiri, terutama dari cara masaknya. Selain menggunakan bahan tumis seperti nasi goreng kebanyakan yaitu bawang, sayur dan ikan bilis pun turut digunakan dalam pembuatan nasi goreng ini. Sayur yang digunakan kebanyakan adalah sayur kangkung. Selain itu, Nasi Goreng Kampung juga terkenal karena kepedasannya. Namun kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Nasi Dagang : Cocok Buat Bekal

Nasi Dagang (source)
Nasi Dagang (source)

          Nasi Dagang adalah Nasi yang ditanak bersama santan kelapa, dan bisanya disajikan dengan Kari. Nasi Dagang ini merupakan campuran beras dan ketan. Yang saya coba, adalah Nasi Dagang yang berasal dari campuran beras dan ketan merah, sehingga warna nasinya akan terlihat merah. Nasi Dagang ini berasal dari negara bagian Terengganu dan Kelantan. Dan untuk yang dicampur dengan Ketan Merah, itu merupakan Nasi dagang Khas Kelantan. Sedangkan Nasi Dagang Terengganu dihidangkan dengan kuah yang menggunakan bumbu khas Malaysia seperti Cabai, Kunyit, Lengkuas, dan sereh.

Nasi dagang ini konon menjadi bekal para pedagang melayu untuk berdagang, sehingga ia dinamai nasi dagang. Saya pun memilih nasi dagang ini sebagai bekal saya pulang ke Indonesia.

Apapun Makanannya, Minumnya Teh Tarik

Teh Tarik (source)
Teh Tarik (source)

            Minuman yang selalu menemani makan saya di Malaysia adalah Teh Tarik. Teh yang dicampur susu ini  memang banyak dijumpai di Malaysia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Teh Tarik ini biasanya dijual oleh Mamak atau orang India Muslim, tetapi saat ini orang melayu-pun sudah banyak yang menjual teh Tarik ini. Secara harfiah Teh Tarik berarti the yang ditarik, seperti itulah proses pembuatannya. Ada proses tarik menarik, Teh dan susu dituangkan melalui udara antara dua cangkir. Minuman ini dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya, dan uniknya, para pembuatnya jarang menumpahkan setetespun minuman tersebut. Proses menuangkan minuman dengan cara melemparnya ke gelas, seperti gelas yang menarik minuman tersebut, karena minuman tersebut tidak tumpah sedikitpun. Dalam Proses penarikan ini, kandungannya semakin pekat, dan aromanya semakin keluar. selain itu, proses ini juga membuat lapisan busa lembut di bagian atas teh.

Teh Tarik ini sangat cocok menjadi teman makan anda, entah itu makanannya berupa Nasi Lemak, Nasi Dagang atau Nasi Goreng Ladna. Jadi, apapun makanannya, minumnya Teh Tarik.

Itulah beberapa kuliner khas Malaysia yang sudah saya coba, kamu mau coba yang mana ?.


Beberapa foto bukan hasil jepretan saya, disertakan dengan source. *hampir semuanya sih… hehehe. 

Iklan

34 comments on “Menjelajah Kuliner Malaysia

  1. Penasaran dengan rasa nasi lemak… taunya sih dari serial Upin Ipin hahaha.. pengen coba dan dari tampilannya juga udah bikin nelan ludah dari tadi. 😏

    Disukai oleh 1 orang

  2. Wah baca postingan ini membuat perut jadi lapar. Pengen merasakan semuanya! Olahan kaya rempah dan santan (juga daging) merupakan favorit saya, jadi sepertinya saya bakalan suka nih dengan kuliner Malaysia :hehe. Tapi mesti merasakan di Malaysianya langsung, soalnya suasana dan rasanya pasti beda… kata teman-teman yang pernah berkunjung ke Malaysia juga demikian :hehe.

    Suka

    • haha… lebih afdol memang makan masakan khas Malaysia di Malaysia tentunya. selain karena rasanya, suasana tempat asalnya menjadi salah satu penambah ke-khas-an kuliner tersebut. itu menurut saya

      Suka

  3. Selalu ya, harus dengan nasi… enggak jauh beda dengan tempat kita 🙂 paling favorit nasi lemak.

    Suka

  4. kalau aku paling suka ama nasi biryaninya ama teh tariknya

    Disukai oleh 1 orang

  5. NinaFajriah

    Aku pilih nasi goreng kampung! 😀

    Suka

  6. Kirain dimakan sendiri semua hahaha

    Suka

  7. baru tahu makanan khas malaysia tahunya itu ya ..
    hanya baru pernah minum teh tariknya doang.
    kalau saya sih penasaran dengan Nasi Goreng Ladna

    Suka

  8. Bagian ini yang ditunggu-tunggu dan paling pertama pastinya nasi lemak. walaupun dibilang mirip dengan nasi uduk entah kenapa nasi lemak yang ada di malaysia tetap rasanya beda sama nasi uduk disini.

    Suka

  9. Waduh. Enak semua. Ga ada yang ga enak, keliatannya. Haha.. Suka sama bagian sarapan nasi lemak. Jalan-jalan ke tempat orang, apalagi yang punya kebudayaan berbeda, memang sebaiknya ga sarapan di hotel ya, kalo saya. Hehe. Melangkah keluar hotel agak pagi dan nikmatin kuliner lokal di sana dijamin seru.

    Suka

  10. Mau nyoba teh tarik aja, rasanya apa beda ya sama yang dijual di indonesia? 😀

    Suka

  11. Kuliner Malaysia sekilas mirip ya sama Indonesia..tapi itu nasi goreng berkuah bener-bener unik wkwk pengen juga ngerasain.

    Suka

  12. Semuanya kelihatan enak, kan jd ngiler 😀

    Disukai oleh 1 orang

  13. Saya jadi tertarik mau nyoba nasi dagang sama nasi goreng berkuah…

    Disukai oleh 1 orang

  14. Aku kok baru tau ada nasi ladna. Tampaknya bakal doyan deh!

    Selama ini menu andalan selalu nasi lemak & teh tarik. Memang lezat tiada tara, porsinya pun rata2 jumbo, hehehe 😉

    Disukai oleh 1 orang

    • Selama ini emang yg dikenal orang tentang makanan Khas Malaysia ya Nasi Lemak dan Teh Tarik. Itu Udah Mainstream…
      Saya juga baru tahu ada Nasi Goreng Ladna pas disana. Itupun hasil nanya-nanya sama yg punya warung. Haha pas tanya Nasi Goreng Ladna itu apa, dia bilang itu Nasi Goreng Berkuah…. langsung penasaran… dan buru buru pesan… heheh.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: