SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Kuliner Pisang Sulawesi Selatan

            Bagi saya, Sulawesi Selatan bukan hanya sekadar rumah dimana saya merasa nyaman berada di dalamnya, tetapi setitik surga yang diberikan oleh tuhan dengan berbagai kekayaan dan kenikmatan. Kekayaan Alam yang membentang dari Tanah Luwu yang terkenal dengan gunung latimojong-nya Hingga Kepuluan Selayar yang terkenal dengan Taman Laut Taka Boneratenya. Kekayaan Budaya yang bisa kamu temukan di Tana Toraja, hingga kekayaan Rasa yang bisa kamu temukan di setiap daerah di Sulawesi selatan . Kalau kamu ditanya “apa yang kamu suka darinya?”, Apa jawabanmu ?, Apakah kamu akan menjawab “Pantai Losari ?”, “Tana Toraja?”, “Taka Bonerate ?” atau malah “Tukang Begalnya ?”. Kalau saya ditanya pertanyaan yang serupa, saya akan menjawab : Saya suka Kulinernya. Saya suka Coto-nya, Mi Titi-nya, sampai Kuliner-kuliner Pisangnya.

            Kuliner Pisang ?, Ya, Kuliner Pisang mungkin kata yang tepat untuk membahasakan aneka masakan yang menggunakan Pisang sebagai bahan dasarnya. Tidak diragukan lagi, sebagai salah satu surga kuliner nusantara, dan juga sebagai daerah dengan Penghasil Pisang terbesar ketiga di Indonesia (kalau gak salah), Daerah Sulawesi Selatan, khususnya Makassar memiliki banyakk makanan khas berbahan dasar Pisang, mulai dari Pisang yang masih muda, sampai yang kelewat tua, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang memiliki cita rasa khas. Kebanyakan diolah sebagai “Dessert” dan “Appetizer” yang cocok sebagai teman kongkow yang asik buat kamu yang berada di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar. Tapi meski diolah menjadi makanan buat ngemil-ngemil doang, kamu juga bisa dibuat Mati Kekenyangan, karena pisang dikenal sebagai salah satu buah yang mengenyangkan karena kandungan serat dan Karbohidratnya yang cukup serta dapat melancarkan pencernaan.

            Nah, bicara soal kuliner pisang Khas Makassar, diantara mereka ada yang sudah terkenal di Negerinya sendiri, Ada juga yang sudah mendunia. Mereka Tidak hanya terkenal karena cita rasanya yang khas dan Nikmat, atau karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan, tetapi mereka terbilang UNIK dari segi Pembuatan maupun penampilannya. Penasaran ?, Ini dia Kuliner Pisang khas Makassar yang bisa buat Ngemil dan Kongkow kamu lebih Nikmat dan Menyehatkan. Cekidot.

  1. Es Pisang Ijo

            Siapa yang gak kenal Pisang Ijo ?, Wahh Kelewatan kalau sampai belum tahu sama Kuliner Khas Makassar yang satu ini. Karena diantara semua kuliner Pisang Makassar, Es Pisang Ijo adalah yang paling terkenal. Saking terkenalnya, Es Pisang Ijo tidak hanya dijual di Tanah Kelahirannya saja, di Berbagai Kota Besar di Indonesia juga banyak yang menjual Es Pisang Ijo.

            Keunikan Es Pisang Ijo ini, karena Pisang ini dibalut dengan Kulit berwarna Hijau. Jangan kira kulit Hijau ini karena Pewarna Tekstil atau semacamnya…, Kulit Hijau ini berasal dari adonan yang dicampurkan dengan daun suji dan daun pandan lalu dikukus.

            Es Pisang Ijo paling banyak diminati saat Bulan Ramadhan, tetapi Bulan selain Ramadhan-pun Es Pisang Ijo juga tetap nikmat kok. Apalagi kalau Siang-siang, pas kita lagi gerah, tambah haus…, truss pesen 1 Mangkok Es Pisang Ijo dicampur sedikit sirup DHT khas Makassar, Hmm… Segernya Bukan Main.

20150730_143451

  1. Pisang Epe

            Sore-sore, ke Pantai Losari paling enak menikmati sunset sambil ngemil dengan Pisang Epe. Pisang Setengah Matang yang dipipihkan dengan alat khusus lalu dibakar. Dinikmati dengan berbagai varian rasa, Ada original berupa Pisang Epe yang ditaburi Kuah Gula Aren, rasa duren berupa Pisang Epe yang dibasahi oleh Nikmatnya Fla Durian, ada juga rasa Coklat  berupa Pisang Epe yang ditaburi lelehan coklat, atau rasa Keju berupa Pisang Epe yang ditaburi Parutan Keju. Hmm, Membayangkannya saja bikin saya “Ngiler”, rasanya pengen cepet-cepet Makan Pisang Epe.

Pedagang Pisang Epe Pantai Losari
Pedagang Pisang Epe Pantai Losari

Pisang yang dipakai kebanyakan Pisang Kepok yang masih muda tentunya. Kalau bicara harga sih lumayan terjangkau, Harga Pisang Epe berada di kisaran Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

Pisang Epe rasa Coklat Keju
Pisang Epe rasa Coklat Keju

Pisang Epe merupakan salah satu Kuliner Sulawesi Selatan yang juga sudah menasional bahkan mendunia. Beberapa daerah di Indonesia banyak yang sudah menjual Kuliner Pisang yang satu ini, tetapi dengan nama yang berbeda. Dan alasan mengapa saya mengatakan kalau Pisang Epe juga sudah mendunia ?, karena bukan hanya warga Lokal saja yang suka dengan pisang ini, tetapi banyak juga wisatawan mancanegara yang sudah mencoba bahkan menggemari Kuliner Pisang yang satu ini.

  1. Pallu Butung

            Kuliner Pisang yang satu ini agak mirip sama Kolak Pisang, bedanya, kuahnya gak pake Gula Merah. Pallu Butung juga mirip sih sama Es Pisang Ijo, Cuma kalau Es Pisang Ijo, Pisangnya dibalut dengan Kulit berwarna Hijau, dan Pisangnya masih utuh, kalau Pallu Butung tidak pake kulit Hijau, pisangnya pun dipotong-potong. Tapi Kuahnya sama, Kuahnya terbuat dari campuran Santan, Tepung Beras, gula pasir, garam, dan daun pandan yang direbus hingga kental. cara menikmatinya pun sama, bisa pake sirup DHT dan Es Batu. Pallu Butung juga nikmat diseduh, dan cocok dinikmati setiap waktu. Ibu saya paling sering membuat Pallu Butung. Selain karena lebih mudah, rasanya-pun tak kalah nikmat dibanding kuliner pisang lainnya.

Pallu Butung (sumber :disini)
  1. Barongko

            Kalau kamu ke acara Kondangannya Orang Bugis-Makassar, 100% pasti kamu akan menemukan Kue Barongko, gak pernah survei sih, tapi selama saya hidup di dunia ini, setiap saya ke acara Kondangan, pasti ketemu sama Kue Yang satu ini. Kue Barongko merupakan Kue Tradisional Khas Bugis-Makassar, yang terbuat dari Pisang yang sudah terlalu matang / tua, yang dihidangkan dengan Bungkusan Pisang berbentuk trapesium. Teksturnya Lembut dan Manis membuat banyakk orang menyukai Kue yang satu ini, termasuk saya sih.

Barongko (sumber : disini)
Barongko (sumber : disini)

            Konon, Dahulu Kalaaa…., Kue Barongko Hanya dinikmati oleh orang-orang di Kalangan Bangsawan / Kerajaan saja. Orang Kecil kayak kita mah gak bisa menikmati Kue ini, tapi sekarang, Kue Barongko sudah banyak dijual di Pasar, Pinggir Jalan, bahkan hotel Berbintang. Di Acara-acara, seperti Kondangan atau Aqiqahan juga Kue Barongko dengan Mudah dijumpai, Seakan Barongko menjadi Menu Wajib di acara-acara tersebut.

  1. Brownies Pisang

            Kalau Kue Barongko menjadi Kue Tradisional Khas Bugis-Makassar, Brownies Pisang adalah salah satu Kue Modern pertama yang kini menjadi Kue Khas Makassar. Sebuah Terobosan baru yang diciptakan oleh salah seorang alumni Perguruan tinggi Agama Islam Negeri di Makassar. Muncullah sebuah Brand dan Toko bernama “Browcyl” yang menjual Brownies dengan menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Browcyl juga tersedia dengan berbagai Varian rasa, ada rasa coklat, Strawberry, Pandan, dan lain-lain. Pas untuk dijadikan oleh-oleh khas Makassar.

20150803_212155
Brownies Pisang Rasa Pandan Coklat
  1. Pisang Nugget

            Sama seperti Browcyl, Pisang Nugget juga sebenarnya nama sebuah Toko, sekaligus sebuah merek dari Pisang yang lapisan luarnya memang seperti Chicken Nugget atau Nugget-nugget lainnya, Tapi Nugget ini Pisang. Unik Bukan ?. Dulu mungkin Cuma Toko Pisang Nugget ini yang menjual Pisang seperti ini, tapi sekarang sudah banyak yang menjual Pisang Serupa.Pisang Nugget dinikmati dengan topping parutan Keju, Palm Sugar, Coklat, dan Coklat Keju.

Pisang Nugget (sumber : disini)
Pisang Nugget (sumber : disini)

            Kebayang kan Nikmatnya 6 Kuliner khas di atas ? selain Nikmat mereka juga sehat, karena terbuat dari Pisang, salah satu Buah yang banyak menawarkan Nutrisi penting bagi kesehatan Tubuh, seperti yang sebelumnya sudah saya tulis, Pisang mengandung sekitar 3 Gram serat yang bisa membuat kamu kenyang, Karbohidrat sebagai sumber energi, Vitamin A, Vitamin E, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Folat sampai asam amino. Pisang Juga bebas Lemak dan Kolestrol dan hanya mengandung 110 Kalori saja, jadi kamu tak perlu khawatir diet kamu rusak karena terlalu banyak makan Pisang .

            Sebenarnya selain 6 di atas, Daerah Sulawesi Selatan masihh punya banyak Kuliner Pisang, masih ada Sanggara Balanda, Doko-Doko Unti, Kambeng, Jepa, dan Banyak dah Pokoknya. Tapi 6 Aja dulu, nanti malah kamu gak tahan, trus pengen cepat-cepat ke Makassar. 6 itu Sudah yang paling Masyhur, dan Wajib Kamu coba, Tapi Jangan Kebanyakan, nanti malah Diare ketagihan.

Gimana ,  semuanya cukup menggugah selera Bukan ?


Artikel ini diikut sertakan dalam Blog competition Jelajah Gizi Wish Me Luck !!

abcd433e97b754d6f71eef71f31b631e

Iklan

42 comments on “Kuliner Pisang Sulawesi Selatan

  1. Wah jadi ingat, dulu waktu tinggal di Makassar sering diajak makan sore-sore di Losari. Dan salah satu jajanannya adalah pisang epe, es pallu butung dan es pisang ijo. Ah kangen Makassar jadinya 🙂 *lalu lapar*

    Suka

    • Wihh pernah tinggal di Makassar ?? Kapan??… jalan jalan kesini lagi kalau kangen. Truss makan lagi semuanyaaaa… 😄😄

      Suka

      • Pernah dong. Dulu seingatku aku tinggal di Jalan Kutilang sama jalan Lembu, trus sekolahnya di SD Maricaya. Udah lamaaaa banget itu, aku yakin dirimu belum lahir di waktu itu hahaha 😀

        Banget banget pengen kesana lagi. Ntar kalau kesana kita kopdar lah, siapa tahu bisa jalan bareng ya 🙂

        Suka

  2. Waaa, baca tulisanmu gue jadi pengen coba semua!

    Iya, dulu jaman kuliah (tebak kapan, hihihi) suka makan pisang ijo. Pisang epe juga biasa ada di warung-warung roti dan pisang bakar, tapi biasa disebut pisang bakar. Terus terus terus, itu nugget pisang dengan lumuran coklatnya menggoda banget! Kayaknya renyah di luar, lembut di dalam, dan manis. Mau dong satu 😀

    Suka

  3. Belum pernah ke Makassar mas saya. Hiksss. Dan belum juga nyobain es pisang ijo. 😭
    Padahal suka banget olahan pisang saya.

    Suka

  4. es pisang ijonya udah banyak di kota kota lain ya. tapi pernah ngobrol sama temen yang asli sana katanya yang khas itu sirupnya. :/
    pisang epe pengen coba, brownies pisangnya juga

    Suka

  5. pertama kali tau Es Pisang ijo dulu waktu di jogja mas, tahun 2008an kalau gak salah es ini ngehit banget..

    Suka

  6. saya suka banget es pisang ijo dan pallu butung … tadinya ada deket rumah … tapi sekarang sudah tutup … jadi kangenn

    Suka

  7. Aku baru tau kalau pisang ijo itu pisang yang dikasih adonan gitu ._. kirain pisang sama kulitnya yang udah diolah lebih dulu ._.

    Suka

  8. wow semua nya enak-enak. ke makasar dua kali cuma transit doang jadi blm sempat wisata kuliner nich. lihat foto mu jadi pengen kesana.

    Suka

  9. yang ga suka makan pisang bisa jadi ngiler nih kalo disajikan dalam berbagai macam rasa dan bentuk begini.

    Suka

  10. Wawawaaaaa….pisaaaaaaang!! saya dari kecil suka banget sama pisang, saking sukanya saya bikin kedai yang menu makanan nya olahan pisang semua ala saya sendiri *tapi skr uda tutup*
    Dari semua makanan pisang diatas yg belom perna nyoba nugget pisanngnya nampak endes gendes sekaliihh *ngiler*.
    Saya belum pernah ke sulawesi padahal kakek saya orang makasar 😀

    Suka

  11. Itu yg nugget kalo di bandung namanya pisang aromat. nah klo yg nugget bahannya apa? bisa kali dikirim ke saya testernya *eaaaa modus*

    Suka

  12. Baru tau ada pisang nugget. Wah kalau mamaku baca ini pasti ngiler, dia pecinta pisang soalnya hehehe

    Disukai oleh 1 orang

  13. Nyaaaaammmm kulinernya endeussss smua

    Suka

  14. Saya suka semuanya….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: