SAUDI ARABIA

The Tallest Clock Tower

       Malam saat saya sampai di Kota Mekkah, selain penasaran ingin melihat Ka’bah dan Masjidil Haram, saya juga penasaran dengan sebuah Gedung Tinggi di dekat Masjid idaman Umat Muslim itu. Gedung Tinggi, megah dan mewah itu bernama Burj Al-Bayt. Gedung itu terdiri dari 120 lantai, namun yang membuat saya takjub adalah Jam besar di Puncaknya itu mengingatkan saya dengan gedung serupa dengan Jam raksasa di Puncaknya, Big Ben. Big Ben menjadi patokan waktu dunia, Burj Al Bayt menjadi petunjuk waktu bagi umat muslim di seluruh dunia. Gedung ini menjadi gedung tertinggi keempat di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, Tokyo Skytree, di Tokyo, Jepang dan Shanghai Tower di Shanghai, China. Di dalam Pembangunannya, Gedung ini sempat menuai kontroversi, karena dibangun dilahan sejarah ottoman era Ajyad Fortress.

DSC09996

         Burj Al-Bayt sendiri sebenarnya merupakan sebuah gedung dengan hotel di dalamnya, yang diopersikan oleh Fairmont Hotel dan Resorts. di 5 lantai bawah gedung ini juga merupakan sebuah Mall atau shopping centre dengan toko-toko yang menjual merk merk dunia dan pastinya Mahal.  Saya sempat beberapa kali mengunjungi Gedung ini, untuk sekadar jalan-jalan, terlebih karena posisinya yang dekat, sangat dekat dengan Masjidil Haram. dan terakhir kali saya berkunjung untuk membeli kurma dan sebuah Gamis, dan harganyaaa…., Mahaal.

DSC00078

Iklan

11 comments on “The Tallest Clock Tower

  1. kayaknya sekarang sudah komplit 100% jadi ya gedung ini ….
    keren dan megah …. dulu waktu kesini bagian atasnya belum jadi soalnya

    Suka

  2. Iya Mas udah jadi 100%, dan mirip sama Big Ben yang di Inggris itu. tapi ini lebib tinggi 3 Kali lipat.

    Suka

  3. Indah sekali ya. Posternya tertempel rapi di dinding tokoku. Semoga kelak kesampaian bisa lihat langsung. Amin

    Suka

  4. Entah kenapa secara pribadi aku merasa gedung-gedung macam ini justru mengurangi kesakralan Masjidil Haram. Dan kayaknya kurang tepat dibangun pusat perbelanjaan mewah di sekitarnya juga. Tapiii ya khan itu tergantung kebijakan penguasa setempat ya, aku mah apa atuh hehehe …

    Suka

    • Banyak kontroversi memang di balik pembangunan gedung ini kak, terlebih karena di bangun di tempat benteng ajyad peninggalan turki usmani. Bangunannya pun sangat kontras dengan Masjidil haram. Mungkin bencana bencana yg menimpa mekkah kemarin semacam peringatan.
      Tapi, semuanya sudah terlanjur, bangunan tinggi ini sudah berdiri kokoh, meski banyak yg tidak setuju dengan keberadaannya, ambil sisi positifnya saja.., gedung ini juga punya rekor.

      Suka

  5. Hari pertama disini, pusing kebangetan. Mau makan mesti ke food court mall, terus balik ke hotel cari lift yang sama, sekalinya beda lift langsung nyasar ke hotel yang lain. Hahaha untung segera adaptasi. Kalau engga, cape aja muter2 😦 hhhhh

    Suka

  6. mashaAllah semoga bisa sampai di sini…. ini salah satu tanda” kiamat yg perlu dilihat dibuktikan langsung…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: