SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Mengenang Kisah Cinta Sang Presiden

”    Cinta Kita Melukiskan Sejarah

Menggelarkan cerita penuh suka cita

Sehingga siapapun insan Tuhan pasti tahu

Cinta Kita Sejati “

 

     Siapa yang Tak kenal Presiden B.J Habibie ?, Presiden RI ketiga ini merupakan Presiden yang paling saya idolakan dianatara semua Presiden yang pernah memimpin Indonesia. selain karena Sosoknya yang unik, beliau juga dikaruniai otak yang Brilian dan Jenius, tapi yang menjadi kebanggaan saya terhadap beliau karena beliau merupakan salah satu Putra dari Tanah Bugis, Pare-Pare. Kisah hidup Presiden B.J Habibie pernah diangkat ke layar lebar melalui Film yang berjudul “Habibie-Ainun”, yang dipopulerkan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari serta diiringi lagu “Cinta Sejati yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari sebagai original Soundtrack film tersebut. Film itu bercerita tentang kisah Hidup serta Kisah Cinta Presiden Habibie dan istrinya, Hasri Ainun  yang penuh drama dan romantis, namun maut memisahkan mereka berdua. Pantaslah Kisah Cinta mereka disebut sebagai Cinta Sejati. Ehh, Jangan Kira di post ini saya pengen promosiin Film itu, karena Film itu udah Main di Bioskop beberapa Bulan yang lalu.

Poster Film Habibie Ainun
Poster Film Habibie Ainun (sumber : disini )

       Kisah cinta mereka seakan belum cukup dikenang dalam bentuk film atau Lagu. Di Kota Pare-pare dibangun sebuah monumen untuk mengenang romansa percintaan mereka berdua yang terpisah oleh maut. Monumen itu baru saja diresmikan. Dan karena masih baru-barunya, saya mengajak Ayah, ibu, serta kakak saya untuk ikut bersama saya melihat Monumen yang sedang ramai-ramainya itu.

      Kami berangkat dari rumah ke Kota Pare-Pare sekitar pukul 05.00 sore. Saya tiba di Kota Pare-Pare menjelang Magrib. Sebelum ke Monumen, kami mengunjungi tempat lain terlebih dahulu, baru akhirnya mengunjugi Monumen itu. Monumen Cinta Sejati ini terletak di sebelah barat  Lapangan Andi Makkasau Pare-Pare. Kami tiba di Monumen saat matahari telah terbenam. Dan Tadaa…. akhirnya saya bisa melihat Monumen yang mengenang cinta sejati antara Habibie dan Ainun ini.

Monumen Cinta Sejati Habibie - Ainun
Monumen Cinta Sejati Habibie – Ainun

      Monumen ini terdiri dari Patung Habibie dan Ainun yang berdiri di tengah kolam dan air Mancur. Patung Habibie terlihat memakai jas dan peci dengan tangan seperti menyapa seseorang, sedangkan Ainun memakai kerudung dan memegang bunga. Kedua Patung ini terbuat dari Perunggu. Patung Habibie-Ainun berdiri di atas sebuah bangunan berbentuk kotak yang bertuliskan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. Di Belakang Patung, Kolam dan Air Mancur terdapat dinding-dinding berwarna-warni yang di tengahnya dipasangi terali besi berwarna putih. Di Dinding tersebut terpasang Foto-foto Habibie dan Ainun mulai dari saat mereka berdua masih muda, hingga mereka tua.

Foto-Foto dari masa ke masa
Foto-Foto dari masa ke masa
Mesraaa
Mesraaa
Foto Jadul
Foto Jadul
Foto di Masa Tua
Foto di Masa Tua

     Di Film Habibie-Ainun, diceritakan kisah Cinta mereka bermula saat Habibie yang dulunya berteman dengan Ainun semasa SMA kembali dari Jerman ke Bandung. Habibie jatuh cinta seketika dengan Ainun saat melihat Ainun yang saat itu telah menjelma menjadi wanita yang cantik dan manis semanis gula pasir. Mereka menikah dan Terbang ke Jerman. Di Kehidupan percintaan mereka, banyak yang menjadi tantangan dan rintangan, mulai dari Dinginnya salju Jerman, Pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta Godaan harta dan kuasa mengiringi mereka. Tapi Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya.  Hasri Ainun meninggal dunia pada tanggal 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman karena Kanker Ovarium. Dan Kepergian Ainun itulah merupakan pukulan berat bagi Habibie.

      Selain dibangun untuk mengenang kisah Cinta Habibie-Ainun, monument ini dibangun sebagai hadiah ulang tahun pernikahan Presiden Habibie dengan Ainun yang ke 53 tahun dari Pemerintah Kota Pare-pare. Dan Yang lebih istimewanya lagi, Monumen ini diresmikan langsung oleh Presiden R.I Ketiga, B.J Habibie, dan Peresmiannya itu juga bertepatan dengan hari ulang tahun pernikahan mereka berdua. Oh so sweet

      Monumen ini masih terbilang sangat ramai, apalagi di malam hari seperti saat saya berkunjung. Mungkin karena masih baru ya.., atau memang karena monumen ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena Monumen ini mengabadikan Cinta sejati seorang Tokoh yang sangat terkenal, dan sangat dicintai oleh masyarakatnya.

      Banyak orang yang pastinya ingin mengabadikan momennya di depan patung ini, Mayoritas pengunjung berfoto di depan patung dan air mancur. Termasuk saya yang tak mau ketinggalan mengabadikan momen saya berada di Monumen ini, apalagi monumen ini masih baru-barunya. Tapi hati-hati, jangan terlalu dekat dari air mancur, karena Airnya terlalu deras dan salah-salah bisa kebasahan.

     Pemerintah Kota Pare-pare menganggarkan dana sekitar 1,5 Miliar untuk membangun monumen ini. Dan ternyata tidak sia-sia, karena monument ini sangat menyedot perhatian serta apresiasi warga di Kota Pare-pare dan sekitarnya. Namun meski dianggarkan sangat mahal, Kita tetap bisa menikmati keindahan Monumen ini tanpa dipungut biaya alias Gratis.

    Setelah menyaksikan Monumen, bergifo-ria di depan patung dan air mancur, kami segera ke Masjid untuk melaksanakan sholat Magrib.

Iklan

2 comments on “Mengenang Kisah Cinta Sang Presiden

  1. Tanwirul Qulub

    Pengen kesanaaa…. siapa tahu aku bisa ketemu sama cinta sejatiku 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: