SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Mi Titi, Mi kering khas Makassar

        Tanggal tua, selalu menjadi momok menakutkan bagi sebagian  atau bahkan semua orang, khususnya Mahasiswa kere seperti saya. Mengapa ?, saya sendiri kurang tahu mengapa pada saat tanggal tua, seakan isi dompet semakin berkurang, dan berpengaruh pada menu makan sehari-hari. Ohh…, mungkin karena tradisi gajian di awal bulan, seandainya saja di pertengahan bulan, atau akhir bulan, tanggal tua tidak akan semengerikan itu.

       Untungnya, hari ini saya tiba-tiba saja diajak salah seorang teman untuk ditraktir makan siang di sebuah warung Mi ternama di kota Makassar, Mi Titi. Bagi anda pecinta Mi, Kuliner, dan masakan tradisional, maka anda harus mencoba Mi ini, dan satu lagi : Jangan ngaku pernah ke Makassar kalau belum coba yang satu ini.

       Mi Titi sebenarnya adalah sebuah nama Warung yang menjual Mi Kering. Mi Kering berasal dari Mi yang digoreng, yang dibiarkan terendam dalam minyak hingga kecoklatan dan mengering. dihidangkan dengan kuah yang berisi ayam, udang, baso serta sayur-sayuran lainnya.

        Mi Kering saat ini lebih dikenal dengan nama Mi Titi. Nah pertanyaannya, dari mana asal Mi Titi itu ???. Konon katanya sakitnya karena diguna-guna Mi ini berasal dari seorang warga keturunan cina bernama Ang Kho Tjao. Beliau memiliki 3 orang anak, dan mewariskan resepnya kepada ketiga orang tersebut, sebut saja ketiganya adalah Hengky, Awa’, dan Titi.

        Setelah sang pembuat Mi, Ang Kho Tjao meninggal dunia, bisnis Mi Kering itu dilanjutkan oleh 3 orang anaknya secara mandiri dan sendiri-sendiri. Hengky dengan Mie Hengky, Awa’ dengan Mi Awa’, dan Titi dengan Mi Titi’. Dan entah kenapa, Mi kering milik Titi yang paling populer di seantero Makassar, bahkan sampai ke luar Makassar seperti kota Metropolitan Jakarta.  Dan karena kepopulerannya itu, Mi Kering saat ini lebih sering dikenal dengan nama Mi Titi.

Mi Titi siap disantap
Mi Titi siap disantap

       Mi Titi mempunyai banyak cabang, khusus di Kota Makassar sendiri banyak sekali. Saya dan teman saya itu Memilih menikmati Mi Titi itu Mi Titi Panakkukang, letaknya di Jl. Boulevard. Kalau masalah harga, Mi Titi menurut saya lumayan mahal sih, tapi harga bukanlah apa-apa setelah anda merasakan betapa nikmatnya Mi Titi itu. Kalau ditanya betapa nikmatnya, hmmm…., renyahnya mi kering dipadu dengan kuah yang dicampur dengan macam-macam penganan itu nikmat banget dah pokoknya. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 20.000 – Rp. 30.000., dan tersedia dalam beberapa varian porsi. Ada porsi kecil, sedang, dan besar. Kalau untuk ukuran saya sih, porsi Kecil sudah lumayan bikin kenyang. Beneraaaan !!.

       Penasaran dengan rasa Mi Titi ?, coba saja cari di kota anda, mungkin cabangnya sudah ada, tapi kalau tidak, jalan-jalanlah ke Kota Makassar, lebih enak makan Mi Titi di negeri asalnya 🙂

Iklan

6 comments on “Mi Titi, Mi kering khas Makassar

  1. Kayaknya enak, itu Ada jeruk nipisnya ya? Ntar coba cari ah di jakarta 🙂

    Suka

  2. Liat tampilannya di foto aja udh bikin ngiler yah, apalagi kalau udah liat makanannya di depan mata..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: