SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Jelajah Masjid Makassar

              Kalau ramadhan, biasanya stasiun televisi menampilkan tayangan yang berbau religi, atau lebih tepatnya bernuansa islami. Saya juga gak mau kalah.., tapi sayangnya saya bukan pemilik stasiun televisi, juga bukan crew, presenter, dan apa saja yang berbau televisi. Saya Cuma penonton. Tapi, saya seorang Travel Blogger abal-abal, yang bermimpi jadi Travel Blogger professional, oleh karena itu, yang saya tampilkan adalah Post yang bernuansa Islami, cieee… Kali ini seputar Masjid-Masjid di Kota Makassar. Sambil nunggu lebaran, ples nunggu konfirmasi dari TBI yang belum juga masuk /baca : belum diterima. Mari jelajah Masjid di Kota Makassar….

            Sebagai sebuah Kota Besar yang mayoritas peduduknya beragama Islam, pastinya Kota Makassar punya banyaak Masjid. Ada ratusan, mungkin ribuan Masjid yang tersebar di penjuru kota. Ada beberapa Masjid yang telah penulis kunjungi, Masjid-masjid terebut punya karakter tersendiri. Ada yang besar, mewah, keren, unik bahkan punya nilai sejarah tinggi alias Tua. Semuanya terangkum dalam Post ini.

Masjid Al-Markaz Al-Islami

            Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Makassar, bahkan di Indonesia Timur. Masjid ini dikelola oleh Yayasan Islamic centre, dibangun pada tahun 1994, dan selesai tahun 1996. Masjid ini diarsiteki oleh Ir. Ahmad Nu’man, seorang arsitek yang telah merancang banyak masjid-masjid besar. Bagian kubah masjid berbentuk kuncup segi empat yang diilhami dari masjid Tua Katangka, Masjid tertua di Sulawesi selatan dan kebanyakan rumah adat bugis Makassar. Tujuannya untuk memberikan unsur khas Sulawesi selatan pada Masjid.

            Masjid kebanggaan orang Sulawesi selatan ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruangan serba guna dan perkantoran. Lantai 2 merupakan tempat sholat laki-laki, dan lantai 3 untuk wanita. Kalau Masjid tidak sedang ramai, hanya lantai 2 yang digunakan sebagai tempat sholat.

            Di bagian Mihrab Masjid berhiaskan ragam kaligrafi segi empat bertuliskan kata Laa Ilaaha illallaah dari tembaga kekuning-kuningan. Masjid ini juga memilki menara setinggi 84 meter yang konon hanya kurang 1 meter menara masjid nabawi Madinah. Area Halaman Masjid juga sangat luas.

            Di Bulan Ramadhan, Masjid ini merupakan salah satu pilihan favorit buat ngabuburit, sambil menunggu buka puasa, selain karena desain Masjid yang keren buat berfoto, taman Masjid yang asri, ada banyak takjil yang dijajahkan di sekitar area masjid. Bukan Cuma itu, setiap hari diadakan buka puasa bersama di Masjid ini. Kalau Malam, di area halaman Masjid terdapat pasar Ramadhan. Di Pasar itu dijual aneka macam pakaian, cincin dan batu, serta makanan. Pasar ini selalu ramai sesak. Dan disitulah saya terkadang merasa sedih, karena terkadang lebih ramai pasarnya dari pada Masjidnya. Ckckck

            Saya sudah ke Masjid ini berkali-kali. Entah sudah berapa kali. Pasalnya, rumah saya dekat dari Masjid. Yaa sekedar info. Kalau anda datang ke Makassar, Masjid ini wajib anda kunjungi.

Masjid Raya Makassar

20150730_140727

            Masjid Raya Makassar, merupakan salah satu Masjid termegah dan Terbesar di Kota Makassar. Masjid ini terletak di Jalan Masjid Raya, jaraknya pun tak jauh dari Masjid Al-Markaz. Masjid ini dibangun pada tahun 1948 sampai 1949. Direnovasi pada tahun 1998 sampai tahun 2005. Masjid ini terdiri dari 2 lantai, dan dapat menampung 10.000 Jama’ah.

            Salah satu Masjid kebanggaan warga kota Makassar ini dulunya menjadi tempat penyelenggaraan MTQ yang pertama kalinya di Indonesia. Presiden RI, Soekarno dan Soeharto pernah melaksanakan sholat di Masjid ini. Masjid ini dibangun di atas lahan lapangan sepakbola excelsior Makassar seluas 13.912 meter persegi, yang dihibahkan untuk pembangunan masjid ini. Dirancang oleh M. Soebardjo dan dibangun pada tanggal 25 Mei 1949.

            Masjid bernuansa Hijau Muda ini mempunyai bagian dalam yang adem karena 70% bagian masjid ini terbuka atau tidak memilki pintu maupun jendela. Bagian Mihrab Masjid ini juga terkesan mewah dengan desain dan ukiran-ukiran yang ada di dindingnnya.

20150730_140249

            Di dalam Masjid juga terdapat Al-quran Raksasa yang merupakan salah satu dari Al-quran terbesar di Indonesia. Kalau anda tinggal di Kota Makassar, jangan lupa sholat tarwih di Masjid ini karena Masjid ini diimami oleh hafiz internasional….

20150730_135929

Masjid Amirul Mu’minin

Masjid Amirul Mu'minin
Masjid Amirul Mu’minin

            Jeddah memiliki Masjid terapung bernama Masjid Rahmah. Di Makassar juga ada Masjid terapung, namanya Masjid Amirul Mu’minin. Di Post saya sebelumnya (Baca) sudah ada yang berkaitan dengan Masjid ini. Namun kali ini mungkin lebih detail.

            Masjid dengan warna biru dan abu-abu ini memang terletak di atas laut. Karena itulah ia disebut Masjid terapung. Masjid ini terletak di kawasan pantai losari..,kebayang kan serunya ngabuburit di tempat ini. Selain mata dimanjakan dengan desain Masjid yang unik, kita juga akan dimanjakan dengan panorama pantai dan Sunset yang Indah. Selain itu, kita juga akan dihidangkan dengan berbagai macam jenis jajanan buat berbuka puasa.

            Masjid ini terlihat kecil dari luarnya namun ternyata Masjid ini dapat menampung 400 jama’ah. Masjid ini diresmikan oleh presiden Jusuf Kalla pada tahun 2012.

Masjid Makmur Melayu

            Di kawasan pecinan Makassar, atau kawasan pemukiman tionghoa Makassar terdapat sebuah Masjid yang menjadi lambang persatuan antara pribum dan waga tionghoa, sekaligus menjadi saksi masuknya islam di tanah daeng. Namanya Masjid Makmur Melayu. Tak ada yang dapat memastikan kapan dibangunnya Masjid tua ini, akan tetapi Masjid ini dibangun di atas lokasi bekas Pesantren khatib tunggal Abdul Makmur. Karena Berada di tengah pemukiman tionghoa, Arsitektur masjid ini sedikit berbau tionghoa, oleh karena itu jamaah masjid ini tidak hanya didominasi oleh ras melayu dan bugis, tetapi juga warga tionghoa yang telah memeluk agama Islam.

Masjid Al-Fatih Al-Anshory

DSC01000

            Masjid ini merupakan masjid yang paling keren dan unik yang pernah saya lihat. Desain minimalis dan modern serta duplikat ka’bah di bagian luarnya-lah yang membuatnya keren dan unik. Saya tidak tahu pasti apakah Masjid ini memiliki kubah atau tidak, karena dari luar tidak terlihat apa-apa kecuali bentuk Masjid yang kotak.

            Di Bagian dalam, kita juga akan dimanjakan dengan arsitektur Masjid yang keren. Dinding-dindingnya dihiasi dengan ukiran kaligrafi yang berbeda dengan Masjid-masjid kebanyakan.

DSC00997

            Masjid ini memang tidak begitu besar, tapi arsitekturnya itulah yang membuat masjid ini menarik. Bagian dalam Masjid ini pun sangat bersih. Belum ada informasi detail yang didapatkan oleh penulis mengenai siapa arsitek dan waktu pembangunan Masjid ini. Tapi menurut perkiraan, Masjid ini baru selesai dibangun tahun 2015 ini.

            Masjid ini terletak di Jalan Paccinang, dekat PLTU Makassar. Kalau sekadar buat ngabuburit, Masjid ini juga asik buat nunggu buka puasa. Selain karena Masjid yang keren sebagai latar buat foto, di Masjid juga sering diadakan buka puasa bersama. Tapi ingat ya, ke Masjid jangan buat foto doang, tapi yang utama yaitu buat sholat.

Itulah masjid-masjid megah, keren dan unik yang bisa menjadi destinasi ngabuburit berpahala, dan sholat tarawih selama bulan puasa ini. Mari cintai Masjid.

Iklan

0 comments on “Jelajah Masjid Makassar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: