SAUDI ARABIA

Mengunjungi Masjid tertua di Dunia

            Tepat hari kedua, setelah saya menginjakkan kaki di Kota Nabi, Madinah, tempat yang pertama saya kunjungi selain Masjid Nabawi adalah Masjid Quba. Masjid sederhana yang terletak 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dari hotel Mubarak al Madinah, saya da rombongan naik bus untuk ke Masjid ini.

           Masjid Quba, merupakan Masjid yang pertama dibangun oleh Nabi Muhammad saw. Pada tahun 1 hijiriyah atau bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Jadi, boleh dibilang, Masjid Quba ini merupakan Masjid tertua di dunia. Selain Menjadi Masjid pertama dan tertua yang dibangun oleh Nabi Muhammad, ada banyak fakta yang menarik dari Masjid yang terletak di Quba ini.

Masjid Quba
Masjid Quba

          Masjid Quba adalah Masjid yang dibangun atas dasar ketakwaan, berdasarkan surah At-Taubah ayat 108. Allah memuji Masjid ini dan memuji orang yang melaksanakan sholat di dalamnya. Allah swt. Juga menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang melaksanakan sholat di Masjid ini, yaitu pahala setara dengan pahala melaksanakan umrah 1 kali. Bayangkan, dalam melaksanakan umrah, kita harus melaksanakan tawaf atau mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali, dan sa’I atau lari-lari kecil sebanyak 7 kali pulang balik shafa-marwah itu barulah kita mendapatkan pahala umroh 1 kali. Nah hanya dengan melaksanakan sholat di Masjid Quba ini, kita pun bisa mendapatkan pahala melaksanakan umroh itu, dengan catatan kita telah bersuci di rumah kita atau tempat kita nginap. Ma syaa Allah.

IMG_3784

       Karena tahu akan pahala yang dijanjikan oleh Allah itu, maka saya dan kebanyakan rombongan jama’ah umroh tak mau melewatkan untuk melaksanakan sholat di masjid ini. Saya sebelumnya telah berwudhu’ di hotel, dan setelah sampai di Masjid quba, saya langsung sholat tahiyatul Masjid dilanjtukan dengan sholat dhuha, karena saat itu masih pagi.

         Selesai sholat, barulah saya memotret beberapa sisi Masjid, bagian dalam dan luar Masjid. Sebenarnya dilarang untuk mengambil gambar di dalam Masjid ini, sebagaimana dilarangnya kita mengambil gambar di area ka’bah. Tapi seiring berjalannya waktu, aturan tersebut luntur dimakan waktu. Orang-orang sudah mulai bebas alias dibiarkan untuk mengambil gambar bagian dalam Masjid ini.

IMG_3781
Bagian dalam Masjid

IMG_3782

IMG_3783

        Tahukah anda, kalau Masjid ini merupakan Masjid yang didesain sendiri oleh Rasulullah saw. ? bahkan, Rasulullah ikut langsung dalam pengerjaan Masjid ini. Rasulullah tidak segan-segan mengangkat material bangunan, dan itulah yang sebetul-betulnya suri tauladan yang baik. Tidak hanya pandai menyuruh tetapi beliau juga ikut dalam pelaksanaannya.

                Masjid Quba adalah Masjid yang sederhana dan bersahaja. Di tengah-tengah Masjid ada sebuah ruang terbuka yang disebut sahn. Di sahn itu, terdapat sebuah sumur tempat mengambil air wudhu’. Kebersihan Masjid ini begitu terjaga, mulai dari halaman, bagian dalam hingga dinding Masjid. Dan Meskipun Masjid ini merupakan Masjid Tua, bahkan tertua di dunia, Masjid ini tetap terlihat kokoh di luar dan di dalam. Itu Karena masjid ini telah mengalami beberapa perbaikan dan perluasan.

                Masjid ini memliki beberapa menara, tepatnya ada 4 menara. Ini merupakan salah satu bentuk perkembangan Masjid secara fisik, karena saat pertama kali dibangun, Masjid ini belum memiliki menara. Ke empat menara tersebut berwarna putih bersih dan dibangunoleh Khalifah Umar Bin Abdul Aziz. Pada bagian atas Masjid terdapat 6 kubah besar yang berjejer, dan 56 kubah kecil. Kubah-kubah tersebut ditopang oleh tiang-tiang yang sangat kokoh. Sementara di bagian halaman masjid, tepatnya dibagian lantai halaman, dilapisi marmer anti panas. Dan terpal untuk melindungi jama’ah dari panas matahari.

                Masjid tertua di dunia ini memang terlihat kecil dari luar, yah tidak sebanding dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tapi jangan salah, Masjid ini dapat menampung 20.000 jama’ah. Ma syaa Allah. Setiap saat Masjid ini memang selalu ramai jama’ah. Setiap travel atau penyelenggara ibadah haji atau umrah memang telah menjadikan Masjid ini sebagai tempat yang “Must Visit” kalau ada di Madinah.

                Saya dan rombongan jama’ah umroh tidak lama di Masjid ini. Kami hanya sholat dhuha, lalu berfoto sebentar dan melanjutkan ziarah ke tempat-tempat penting lainnya yang ada di kota Madinah.

Iklan

4 comments on “Mengunjungi Masjid tertua di Dunia

  1. Ping-balik: The Amazing Madina | Travelucky

  2. Ping-balik: Mengenal Muhammad – Bukan Pajokka

  3. subhanallah, izinka hambamu kesini juga kelak ya Allah

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: