SULAWESI SELATAN - INDONESIA

Ngetrip Ke Bulukumba : Epilog

          Bulukumba, kabupaten di bagian selatan Provinsi Sulawesi selatan ini menyimpan banyak pesona, mulai dari budayanya, industri kapalnya yang melegenda, hingga pantai-pantainya yang eksotis.

            Dari kota Makassar, kita bise menempuh jarak ke Bulukumba sejauh 153 Km, melewati 4 Kabupaten yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng. Kabupaten Bulukumba dikenal dengan sebutan “Butta Panritalopi” karena kreativitas masyarakatnya dalam membuat kapal phinisi yang dikenal mendunia dan sudah melegenda.

Kapal yang sedang dibuat
Industri kapal di Tana Beru yang sudah melegenda

Tips to Get Lucky

Untuk bisa ke Bulukumba dengan biaya hemat, usahakan mengajak beberapa teman. Patungan untuk menyewa mobil, biaya makan, dan biaya penginapan.

Ingin lebih hemat ?, punya teman yang salah satunya punya mobil, punya keluarga di Bulukumba atau teman yang punya kenalan dekat di Bulukumba, biar biaya Sewa Mobil, Makan, dan Penginapan bisa Gratis !! Heheh..

Sisi Lucky-NYA

            Dari yang awalnya kami ingin merental mobil, nginap di hotel sama makan di warung selama di Bulukumba, ternyata semuanya batal. Dapat mobil pinjaman, nginap di rumah orang yang makannya juga disediakan. Pengeluaran hanya pada Bensin (Rp. 450.000), Biaya masuk ke setiap tempat wisata : Kajang (sewa Baju hitam Rp. 15.000 / satu pasang Rp. 25.000, masuk /rombongan Rp. 50.000, parkir Rp.1000) , Bara (Parkir Rp.10.000, masuk per/orang Rp.10.000), Apparalang (Parkir Rp.1000), makan saat berangkat (coto Kuda Rp. 10.000) dan snack-snack (Rp.80 Ribuan)

            Sisi Lucky lainnya, adalah kami tidak perlu beli oleh-oleh lagi karena setiap rumah yang kami kunjungi memberi kami buah-buahan untuk oleh-oleh seperti Manggis, Rambutan dan Jagung Marning. Terima Kasih semuanya.

Iklan

0 comments on “Ngetrip Ke Bulukumba : Epilog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: