KALIMANTAN TIMUR - INDONESIA

Pulau Beras Basah, Pulau Eksotis di Selat Makassar

             1610772_747939001930172_4685554292158972795_n

     Setelah bersuka-ria merayakan hari nan-fitri di Kota Bontang, 1 hari setelahnya, aku dan para pengurus remaja masjid Darul Falah berwisata ke Pulau Bras Basah, Pulau kecil yang tak jauh dari Pulau Kalimantan. Pulau ini menjadi tujuan wisata dan para penyelam tertarik akan keindahan bawah lautnya.

                Asal-usul nama beras basah sendiri menurut cerita rakyat setempat berasal dari kata beras dan basah, Katanya, dahulu kala terdapat kapal milik kesultanan kutai yang sedang berlayar di selat Makassar yang membawa bahan pangan salah satunya adalah beras. Kapal tersebut tiba-tiba saja karam, dan menumpahkan bawaanya, tapi tempat kapal tersebut karam dangkal sehingga tidak semua barang bawaannya tenggelam, Sebahagian beras tidak tenggelam melainkan muncul seperti gundukan. Lama-kelamaan gundukan itu berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

                Akses ke Pulau Beras Basah bisa ditempuh dari pelabuhan Bontang, namun aku dan Para Pengurus Irma Darul Falah berangkat dari dermaga selambai dengan sebuah kapal pribadi milik salah seorang tokoh masyarakat di Selambai. Kapal tersebut dipinjamkan kepada kami, sehingga tidak perlu lagi menyewa kapal nelayan atau kapal penumpang untuk kesana. Dari dermaga Selambai ke Pulau Beras Basah butuh sekitar 40 menit. Dan sensasi selama perjalanannya “woow” tapi gak pake banget, ombak yang sedikit tinggi mampu membuat beberapa penumpang mabuk laut dan akhirnya muntah.

10580161_749558001768272_6651707830921072286_n
On The Way Beras Basah

                Sampai di Pulau Beras Basah, Aku akhirnya bisa melihat Keindahan pasir putih, jernihnya air laut serta Menara tinggi mirip mercusuar yang menjulang tinggi di Pulau tersebut. Sementara teman-teman yang lain menikmati hari itu dengan bermain bola di Pantai, saya dan beberapa orang anggota remaja masjid sibuk mengelilingi pulau yang tidak begitu luas itu. Pulau Beras basah saat itu sedang ramai-ramainya karena libur lebaran, jadi pemandangan Pantai sedikit kurang elok dilihat karena sampah-sampah yang dibawa oleh pengunjung.

10427285_747938948596844_6727646447639963276_n

                Di Pulau Beras Basah, selain sebuah menara yang bentuknya seperti Mercusuar, juga terdapat sebuah Mushalla, beberapa Gazebo dan toilet umum.

                Lelah berkeliling pulau, saya menghampiri teman lainnya yang menyiapkan makanan siang di bawah rindangnya nyiur hijau. Hmm, angin sepoi sepoi di tengah teriknya matahari ditemani gurihnya ayam bakar buatan Pak Kadir –salah satu anggota Remaja Masjid- membuat hari di pulau Itu menjadi sangattt sangattt sangaatt Nikmat – Maka Nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan ? –

Iklan

2 comments on “Pulau Beras Basah, Pulau Eksotis di Selat Makassar

  1. Indra Rimawan

    keren juga pulaunya.., bisa jadi tempat yang wajib dikunjungi kalau ke kalimantan ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: