KALIMANTAN TIMUR - INDONESIA

Selambai, Kampung di Atas Laut

             Sebulan di Kalimantan, aku tinggal di sebuah kampung yang letaknya, tidak seperti kampung-kampung kebanyakan, Di atas laut. Aku bertanya-tanya, Siapa yang pertama kali membangun rumah disini ?, mengapa mereka harus susah-susah membangun rumah mereka di atas laut ?, apa tidak ada tanah lagi ? dan segenap pertanyaan-pertanyaan lainnya.

10583821_747819851942087_7963061744855187604_n
Selambai dari Jauh

                Selambai, itulah nama kampung itu. Selambai terletak di Kelurahan Lok Tuan, Kota Bontang. Hampir seluruh penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Dan Hampir seluruhnya lagi merupakan warga berdarah bugis. Mereka semua hijrah untuk mencari nafkah. Di tempat ini memang kaya akan sumber daya, bukan Cuma sebagai nelayan, ada juga yang bekerja di perusahaan – perusahaan besar di Pinggir kota. Ada PT. Pupuk kaltim, dan sebagainya. Yang bekerja juga bukan Cuma yang tua saja, mereka yang masih remaja juga sudah ada yang bekerja. Hingga untuk ukuran anak muda, mereka sudah memiliki kemapanan ekonomi, dari mereka ada yang sudah memiliki gaji 3 Juta /Bulan, adan juga yang 5 Juta/Bulan. Hebat kan ?

                Di Selambai terdapat Dermaga, tempat perahu para nelayan bersandar. Di dermaga itu juga terdapat Pedagang kaki lima yang menjual aneka jajanan, seperti es teller, es buah dan lain-lain yang pas untuk dinikmati sambil menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan di Dermaga ini sangat indah.

                Aku bisa ada di Selambai juga sebenarnya bukan untuk jalan-jalan, tetapi bertugas sebagai Imam Tarwih di Masjid Darul Falah. Awalnya aku mengira Masjid sama seperti rumah-rumah kebanyakan, dinding dan lantainya juga berupa kayu. Tapi ternyata Masjid itu berlantai dan berdinding Beton. Cukup kuat kalau mau dibilang, karena tiang-tiang kakinya hanya berupa kayu.

10509716_739654812758591_360257391542654486_n
Masjid Darul Falah dan Jalan utama selambai

                Keunikan lain di Kampung ini adalah jalanannya. Waktu pertama kali aku berada disini, aku sendiri selalu tak bisa tidur karena Jalanan yang berupa Kayu yang jika dilalui oleh kendaraan akan mengeluarkan suara yang berisik.

                Well, sebulan di Kampung ini saya bertemu dengan teman-teman baru, yang bertugas sebagai remaja masjid Darul Falah. Nama organisasinya KAMDA. Mereka inilah yang bertugas mengurus segala kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Masjid, Pembagian Zakat, Hari-hari besar Islam, hingga masalah – masalah kebersihan Masjid. Saya sendiri kagum dengan anak muda seperti mereka, karena yang mereka tahu bukan Cuma Nongkrong dan Bergaul seperti anak muda lainnya, mereka juga memakmurkan masjid, dan ini patut dicontoh, dan itu sebenarnya bukan Cuma remaja masjid di Selambai saja, tapi hampir di seluruh Bontang.

                Sebagai tambahan, di Bontang bukan Cuma selambai saja yang letaknya di atas Laut, ada juga Bontang Kuala yang letaknya di atas laut, dan masih banyak lagi kampung-kampung di atas laut yang ada di Pulau Kalimantan.

Iklan

0 comments on “Selambai, Kampung di Atas Laut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: