JAWA TIMUR - INDONESIA

Cerita Di Kota Pahlawan

-Sebelum ke Kediri

Pesawat Lion Air yang kutumpangi mendarat di Bandara International Juanda, Surabaya. Cuaca siang itu lebih dari baik. Dari Bandara, Aku dan rombongan yang terdiri dari Ayah, Ibu, Adikku Ramzi, 2 Sepupuku, Icul, Adi, Yayu, serta seorang teman, Wawan menuju Nyampulungan, rumah keluarga Ayahku untuk istirahat. Di Nyampulungan inilah juga kami akan menginap beberapa hari selama di Surabaya sebelum kami ke berangkat Ke Kediri.

Hari Pertama di Kota Surabaya, kurang afdol kalau tidak berkunjung ke Jembatan Suramadu, yang pada saat itu masih baru-barunya, Karena kurang tahu harus naik angkot jurusan mana untuk kesana, kami merental angkot beserta supirnya, dengan begitu, kami bisa keliling Surabaya sepuasnya.

Jembatan Suramadu Sendiri adalah jambatan terpanjang di Indonesia, yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Madura, Panjang Jembatan ini 5 Km. Kami melintasi Jembatan yang panjang ini, sambil mendengar penjelasan pak supir angkot yang merupakan tetangga dari mencing โ€“pemilik rumah yang di Nyampulungan-, Pak Supir angkot itu tiba-tiba menjadi Tour Guide dadakan, dengan ramah pak supir menjelaskan seluk beluk Jembatan Panjang ini, dan tak terasa kami sampai di Pulau Madura. Di Perbatasan ini, kami hanya membeli souvenir dan tak lupa bergifo ria.

suramadu
Jembatan Suramadu

Setelah ke Jembatan Suramadu dan Pulau Madura, tujuan selanjutnya adalah PGS Alias Pusat Grosir Surabaya, bagi yang hobby belanja Grosir, tempat ini merupakan tempat yang tepat, Terlebih lagi, Barang disini murah meriah.

Setelah puas berbelanja, ternyata rasa lelah sudah mendera badan kami, ditambah lagi terik matahari yang membakar, Kami memutuskan untuk Kembali ke Nyampulungan.

Sore menjelang, rute selanjutnya adalah Pasar Ampel. Karena jarak dari rumah ke Pasar Ampel sangat dekat, maka berjalan kaki adalah pilihan yang tepat. Pasar Ampel merupakan pilihan yang tepat bagi para penikmat wisata Religi. Di Pasar ini dijual aneka pakaian islami, seperti baju Kokoh, Gamis, jilbab, Kurma, Siwak, dan makanan serta souvenir. Ditambah lagi, di dalam komplek Pasar ini terdapat masjid Tua, serta Makam salah seorang walisongo, Sunan Ampel atau dengan nama asli, R. Rahmatullah.

Pasar Ampel

Sepanjang sore di Pasar ini, berbelanja, sekaligus menziarahi makam salah seorang Waliyullah membuat waktu berlalu terasa begitu cepat. Waktu Magrib tiba, Aku memutuskan Shalat Magrib di Masjid Sunan Ampel.

Keesokan Harinya, Kami berangkat ke Kabupaten Kediri, Tujuan utama kami.

-Setelah Ke Kediri

Hujan mengguyur Kota Surabaya, saat mobil Travel yang kami tumpangi memasuki Kota Surabaya setelah melaju dari Kota Pare, Kabupaten Kediri. Perjalanan yang agak panjang, ditambah lagi kami sedang Puasa, untungnya hari itu tidak panas karena hujan. Alhamdulillah.

Mobil berhenti tepat di depan Toko Kasur, Nyampulungan, Rumah Mencing. Kami, tanpa ayah dan ibuku Lagi. Tapi berganti pendamping, Kak Rio, Mahasiswa STAI DDI-AD Mangkoso, yang kebetulan kursus di Kediri, sekaligus ditugaskan mendampingi kami sampai kami kembali ke Makassar. Masuk ke Rumah mencing, istirahat sejenak sampai hujan benar-benar reda. Setelah Reda, Kami akhirnya memutuskan untuk berjalan-jalan, Tapi Kemana???

Tujuan pertama adalah JMP, Jembatan Merah Plaza. Hanyalah sebuah Pusat perbelanjaan biasa seperti Mall kebanyakan, tidak ada yang istimewa, tapi bedanya ini di Surabaya. Setelah mengunjungi JMP, kami ke Tunjungan Plaza. Salah satu Mall terbesar di Kota Surabaya. Memang saat ini tujuan kami pusat perbelanjaan, tentunya untuk beli ole-ole. Hari mulai panas, haus juga mulai menggerogoti kerongkongan kami. Pulang dan Istirahat adalah Solusinya. Kami kembali ke Nyampulungan

Hari selanjutnya, sekaligus hari terakhir di Surabaya, rute kami adalah KBS , Kebun Binatang Surabaya. Kami berangkat pagi-pagi dengan Bus Kota. Dan ini beberapa menit perjalanan, Kami sampai di KBS, Patung Sura dan Baya menyambut kedatangan kami. Patung yang menjadi Ikon Kota Surabaya selama ini.

Patung Sura dan Baya

KBS merupakan Salah satu kebun binatang yang popular di Indonesia, letaknya di jl. Setail No. 1 Surabaya, KBS juga pernah menjadi Kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia dan Pisces

Di KBS saat itu sangat sepi, mungkin karena moment puasa, ditambah lagi hewan-hewan juga terlihat loyo. Belakangan baru kuketahui kalau saat itu banyak hewan di KBS yang mati,ย  seperti Harimau, Singa Afrika, Walabi, Buaya, Anak Babirus, bawean dll, karena mendapat perlakuan buruk.

Setelah agak puas atau di-puas-puaskan melihat hewan yang terlihat Loyo di KBS, kami ke Hi-Tech Mall atau THR (Taman Hiburan Remaja). Di Tempat ini kami hanya berbelanja sebentar dan kami ke PGS lagi. Di PGS aku baru memuaskan hasrat belanjaku yang terpendam hahahah. Magrib menjelang, Kami kembali ke Nyampulungan.

Sampai di Nyampulungan, aku memutuskan ngabuburit di Masjid Sunan Ampel. Di Kawasan pasar Ampel ini banyak pedagang Kaki Lima yang menjual Takjil untuk berbuka Puasa. Karena ini Buka Puasa terkahir di Pulau Jawa, jadi terasa begitu khidmat.

Setelah berbuka dan Sholat Magrib berjamaโ€™ah di Masjid Sunan Ampel, aku kembali ke Rumah Mencing, menyiapkan barang-barangku, dan bersiap-siap ke Bandara Juanda.

Pukul 07.00, Setelah berpamitan, dengan Sebuah Taksi kami menuju Bandara. Sebenarnya keberangkatan Jam 10.30 WIB, tapi karena takut ada penghalang atau semacamnya, kami ke Bandara lebih awal.

Sesampai di Bandara, kami menghabiskan waktu di Ruang Tunggu. Kak Rio masih setia menemani. Karena kami masih belum berpengalaman dengan yang namanya Bandara, Kak Rio menemani kami sampai Ruang Tunggu di dalam Bandara. Tentunya dengan meminta izin kepada petugas terlebih dahulu. Hingga saat kami memasuki pesawat, Kak Rio akhirnya pamit. Kembali ke Pare.

Pesawat yang kami Tumpangi meninggalkan landasan, Terbang menuju Makassar.