D.I YOGYAKARTA - INDONESIA

Travel Pertama : Jogjakarta

            Ke Pulau Jawa adalah pengalaman pertamaku menginjakkan kaki di luar pulau sulawesi. Dan terjadi saat aku masih kecil juga, tepatnya saat aku duduk di Bangku kelas 4 SD *saat itu tahun 2004. Haha memang dari kecil aku sudah hobi Traveling. Dan Ke Pulau Jawa ini adalah Traveling pertamaku, dan Gratis , karena Ibuku yang bayar, bukan aku haha. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Soetta Makassar, via Kapal Dobonsolo. Di Kapal Dobonsolo selama 1 Malam, esoknya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ingat Surabaya bukan Tujuan utama kami, -kami disini : Aku,  adikku Ramzi, om dan tanteku serta sepupuku Icul dan Amal-, namun kami singgah sejenak di Nyampulungan untuk makan siang. Dari Nyampulungan perjalanan dilanjutkan ke Jogjakarta dengan Mobil. Huuh jauhnya bayangkan saja dari Jawa timur naik mobil ke Jogjakarta, Siang kami berangkat, kami sampai tengah malam. Kami ke Jogjakarta untuk menghadiri Acara Wisuda sepupu, dirangkaikan dengan Jalan-jalan pastinya. Sampai di Jogjakarta Malamnya, Esoknya langsung Jalan-jalan. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Malioboro. Tau Malioboro kan?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Tugu Jogja

Malioboro adalah nama sebuah jalan dari 3 Jalan di Jogjakarta yang membentang dari Tugu Jogjakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan pedagang Kaki Lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekspresikan kemampuan mereka bermain musik, melukis, happening art, dan lain-lain di sepanjang jalan ini. Tempat yang kami kunjungi di Jalan ini adalah Pasar Beringharjo, membeli aneka macam baju batik bagi yang hobi belanja. Pasar ini terkenal dengan koleksi batik dan sebagai tujuan wisata sekaligus pusat perdagangan batik Yogyakarta. Lelah berbelanja, saatnya melihat sejarah, Kita ke Kraton Yogyakarta, Kraton Yogyakarta adalah Istana Resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Walaupun Kesultanan tersebut sudah resmi menjadi Bagian dari NKRI, Kompleks Bangunan Tersebut masih berfungsi sebagai bangunan Istana tempat Tinggal Sultan. Kraton kini juga menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta. Sebagian Kompleks merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan termasuk berbagai pemberian raja-raja eropa, replika pusaka keraton, dan Gamelan, dari Arsitektur bangunannya Kraton merupakan salah satu Istana Jawa terbaik, memiliki balairung-balairung yang mewah dan lapangan serta paviliun yang luas. Dari Kraton kita akhirnya Pulang ke kost tempat kami meginap selama di Yogyakarta.

img_20160921_105144
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

      Esoknya, Wisuda berlangsung, kami pergi ke Kaliurang, tepatnya Kebun Binatang Gembira Loka. Pengalaman pertama berkunjung ke kebun binatang..,hehe. Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti Orang Utan, Gaja, Simpanse, Harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2004 (beberapa bulan Setelah kami semua pulang). Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan. Setelah ke Kebun Binatang, kami ke Kampus UII Yogykarta tempat Acara Wisuda berlangsung, namun saat kami sampai acara telah selesai. Tempat selanjutnya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur sendiri terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Muntilan, Kabupaten Magelang (Baca : Candi Borobudur)

         3 hari di Jogjakarta, aku dan rombongan menuju ke Ibukota Republik Indonesia, Jakarta.

Iklan
%d blogger menyukai ini: